Home / Berita / Survival Bekali Calon Penerbang, di Waduk Sempor Gombong

Survival Bekali Calon Penerbang, di Waduk Sempor Gombong

Jakarta, sketsindonews – Latihan survival adalah untuk memberikan doktrin kepada siswa sekbang yang nantinya akan menjadi seorang air crew cara bertahan hidup baik di air/laut maupun di darat/hutan dan cara meminta bantuan tim SAR. Demikian pernyataan Komandan Skadik 104, Letkol Pnb Safeano Cahyo, S.T sebagai Komandan Latihan, Senin (21/11).

img-20161122-wa0005

Letkol Pnb Safeano Cahyo, S.T menambahkan bahwa survival selain untuk membina mental dan fisik yang kuat dan mantap untuk menjadi airman yang tangguh, juga melatih bagaimana seseorang bisa mempertahankan hidup di darat maupun di air, karena suatu accident  penerbangan.

“Survival juga memberikan wawasan yang lebih luas tentang bagaimana para siswa mampu memanfaatkan berbagai potensi dan kekayaan alam yang ada di sekitar kita dalam mempertahankan hidup, sehingga mendapatkan bantuan dan pertolongan dari pihak luar. Inilah inti dari pelaksanaan kegiatan Latihan Survival Dasar yang akan para siswa laksanakan,” imbuhnya.

Komandan Skadik 104 selaku Komandan Latihan Letkol Pnb Safeano cahyo saat memberikan pengarahan kepada siswa Sekbang TNI A-93 pada latihan survival 2016 di Gombong (Dok. Pentak Adisutjipto)
Komandan Skadik 104 selaku Komandan Latihan Letkol Pnb Safeano cahyo saat memberikan pengarahan kepada siswa Sekbang TNI A-93 pada latihan survival 2016 di Gombong (Dok. Pentak Adisutjipto)

Secara rinci dalam Latihan Survival dasar ini, para siswa Sekbang akan mendapatkan berbagai ketrampilan keprajuritan diantaranya Latihan penghindaran, Pemakaian Lifevest, Latihan air, Renang beregu, Dayung perahu (DG 2 man), Latihan balik perahu,  Bulsi pswt KT-1B,  Latihan penggunaan alat SAR,  Latihan Hoist dgn heli SAR, Latihan rescue dgn LCR, Flying fox, Bermalam di air.

Sementara itu Wadanlat Mayor pnb Fadli Addillah Pulungan menyampaikan bahwa latihan Survival Dasar siswa Sekbang Angkatan-93, dilaksanakan di daerah waduk sempor Gombong, Kebumen Jawa Tengah. Pemberangkatan pelatih, pendukung dan survivor dimulai dari Skadik 104 menuju daerah latihan dipimpin Langsung oleh Komandan Skadik 104, Letkol Pnb Safeano Cahyo, S.T

Kapten Pnb Ebor S menambahkan bahwa latihan survival dasar sekbang TNI AU dan sekbang TNI terpadu A-93 dimulai tanggal 21 nov 2016 s/d 24 nov 2016, diikuti sebanyak 50 siswa sekbang yang terdiri dari 43 TNI AU, 5 TNI AD dan 2 TNI AL. (Kumara)

Check Also

BPN: Prabowo-Sandi Fokus Perbaiki Sektor Ekonomi Pedesaan

Jakarta, sketsindonews – Badan Pemenangan Nasional . Prabowo-Sandi mengatakan bahwa Presiden Jokowi belum mampu mengembangkan …

Watch Dragon ball super