Home / Artikel / Syam si Gelandangan Warga Menyebutnya, Tidur di Teras Rumah Dinas Lurah

Syam si Gelandangan Warga Menyebutnya, Tidur di Teras Rumah Dinas Lurah

Jakarta, sketsindonews – Sosok gelandangan atau Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) setiap hari berada di teras halaman ‎Rumah Dinas (rudin) salah satu Lurah di Jakarta Pusat sudah tak asing bagi warga Kemayoran, orang menyebut si Syam (55) yang kerap hidup berpindah – pindah.

Konon si Syam sudah tak ada sanak keluarga walau dirinya orang Kemayoran entah masih atau tidak  familiya sudah tak jelas, ucap Doni warga Serdang Kemayoran.

“Kalo dia (Syam) orang banyak kenal karena memang sudah speleng. Hidupnya hanya dari belas kasihan orang, walau dia tak berbahaya hanya mungkin harus diperhatikan oleh pemerintah di tempat yang lebih layak (dirawat), jelasnya

Syam akhirnya diamankan oleh perugas P3S (Pelayanan,Pengawasan dan Pengendalian Sosial ) Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Pusat setelah ada pengaduan warga Ketua RT 020/03 Serdang Dadi Sunardi.

Menurutnya, tuna wisma atau gelandangan itu setiap hari tidur di teras halaman Rudin yang kosong. Sehingga ‎membuat kenyamanan warga sekitar tidak nyaman,” ungkapnya ‎saat melaporkan keberadaan gelandangan  tersebut ke pengaduan masyarakat Kecamatan Kemayoran.(13/01)

Kami hanya kuatir jika tidak dilaporkan selain menggangu kenyamanan warga yang melintas dikuatirkan lebih dari itu entah sakit atau meninggal dunia, ucap Dadi.

Menanggapi pengaduan itu, Camat Kemayoran, Herry Purnama langsung menghubungi Sudin Sosial Jakpus untuk mengevakuasi gelandangan itu.

“Tolong dicek keberadaan geladangan ‎yang tidur di teras halaman Rudin tersebut,” pinta Herry.

Sementara, Kasudin Sosial Jakpus, Susana Budi Susilowati ketika dihubungi mengaku akan segera menindaklanjuti pengaduan adanya gelandangan itu.‎

“Nanti P3S yang akan melakukan identifikasi ke lokasi. Bilamana, PMKS itu tidak ada keluarganya akan kami rujuk ke panti Kedoya untuk dibina,” singkat Susan.

reporter : nanorame

Check Also

Rico di Jerusalem : Doa Masyarakat Jordan Untuk Prabowo Menjadi Presiden RI

Jakarta, sketsindonews – Sosok Prabowo Subianto di mata publik Jordania terutama masyarakat muslim sangat familiar dengan calon presiden (Capres) Prabowo Subianto. Karena Prabowo pernah tinggal di Negara Jordania cukup lama sehingga mereka tak asing, apalagi terdengar Prabowo Subianto di harapkan menjadi Presiden Republik Imdonesia.

Mereka mendoakan agar Prabowo-Sandiaga Uno terpilih memimpin Indonesia dengan damai, beradab untuk majunya bangsa-bangsa di dunia.

Hal ini diungkapkan Ketua Aliansi Masyarakat Jakarta (Amarta) M Rico Sinaga saat ini berada di Jordania dalam rangka melakukan perjalanan wisata religius ke Jerusalem.

rico.sinaga.jerusalem.teligius.doc 

Doa warga negeri Jordania dengan mayoritas muslim yang sangat kaya minyak bumi untuk pasangan Prabowo-Sandi sangat berharap menjadi pemimpin di Indonesia.

“Masyarakat Jordania sangat familiar dengan Prabowo Subianto. Mereka mendoakan agar Prabowo- Sandi menang dalam Pilpres 2019 nanti. Masyarakat Jordan tahu Prabowo sedang maju ke dua kalinya menjadi capres,” katanya. (23/9)

Rico juga menyampaikan selamat kepada Prabowo-Sandi atas hasil pengundian oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Jumat (21/9/2018 ) malam, di mana duet ini menempati nomor urut 2.

“Selamat kepada pasangan Prabowo-Sandi mendapat nomor 2″.

Itu dua jari victory Kemenangan. Saya berbincang-bincang dengan beberapa lapisan masyarakat di Jordan negara Islam ini, saya senyum-senyum, mereka familiar dengan nama Prabowo,” ucap Rico melalui pesan WhatsApp kepada sketsindonews.com.

reporter : nanorame

Terkait

Watch Dragon ball super