Home / Artikel / Syam si Gelandangan Warga Menyebutnya, Tidur di Teras Rumah Dinas Lurah

Syam si Gelandangan Warga Menyebutnya, Tidur di Teras Rumah Dinas Lurah

Jakarta, sketsindonews – Sosok gelandangan atau Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) setiap hari berada di teras halaman ‎Rumah Dinas (rudin) salah satu Lurah di Jakarta Pusat sudah tak asing bagi warga Kemayoran, orang menyebut si Syam (55) yang kerap hidup berpindah – pindah.

Konon si Syam sudah tak ada sanak keluarga walau dirinya orang Kemayoran entah masih atau tidak  familiya sudah tak jelas, ucap Doni warga Serdang Kemayoran.

“Kalo dia (Syam) orang banyak kenal karena memang sudah speleng. Hidupnya hanya dari belas kasihan orang, walau dia tak berbahaya hanya mungkin harus diperhatikan oleh pemerintah di tempat yang lebih layak (dirawat), jelasnya

Syam akhirnya diamankan oleh perugas P3S (Pelayanan,Pengawasan dan Pengendalian Sosial ) Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Pusat setelah ada pengaduan warga Ketua RT 020/03 Serdang Dadi Sunardi.

Menurutnya, tuna wisma atau gelandangan itu setiap hari tidur di teras halaman Rudin yang kosong. Sehingga ‎membuat kenyamanan warga sekitar tidak nyaman,” ungkapnya ‎saat melaporkan keberadaan gelandangan  tersebut ke pengaduan masyarakat Kecamatan Kemayoran.(13/01)

Kami hanya kuatir jika tidak dilaporkan selain menggangu kenyamanan warga yang melintas dikuatirkan lebih dari itu entah sakit atau meninggal dunia, ucap Dadi.

Menanggapi pengaduan itu, Camat Kemayoran, Herry Purnama langsung menghubungi Sudin Sosial Jakpus untuk mengevakuasi gelandangan itu.

“Tolong dicek keberadaan geladangan ‎yang tidur di teras halaman Rudin tersebut,” pinta Herry.

Sementara, Kasudin Sosial Jakpus, Susana Budi Susilowati ketika dihubungi mengaku akan segera menindaklanjuti pengaduan adanya gelandangan itu.‎

“Nanti P3S yang akan melakukan identifikasi ke lokasi. Bilamana, PMKS itu tidak ada keluarganya akan kami rujuk ke panti Kedoya untuk dibina,” singkat Susan.

reporter : nanorame

Check Also

Siapa Bertanggung Jawab PKL Istiqlal Yang Menjadi Kawasan Ambalat

Jakarta, sketsindonews – Pelimpahan pedagamg PKL Monas yang tumpah di jalan Veteran (Masjid Istiqlal) terus …

Watch Dragon ball super