Back

Media Terpercaya

Tak Peduli Gelar, Jokowi Tetap Tunjukkan Bakti Kepada Sang Ibu Tercinta

Jakarta, sketsindonews – Meski telah memangku jabatan sebagai pemimpin tertinggi negeri ini, ia tetap tidak melupakan jasa seorang ibu.

Buktinya lelaki berpostur ramping itu, rela turun ke liang lahat hanya untuk mengantarkan jenazah ibunda tercinta ke TPU Dusun Mundu, Selokaton, Gondangrejo, Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (26/3/20) siang

Dia begitu mengenang jasa seorang ibu yang tiada berujung dan bertepi. Kasih ibu sepanjang jalan, kasih anak sepanjang galah.

Ya ia adalah Ir Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia. Walaupun lambang kebesaran RI 1 tetap terkait di bajunya, ia seolah tak memperdulikan gelar yang ada pada dirinya.

Tampak dalam foto kiriman Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kepada wartawan, Jokowi mengenakan kemeja putih, celana hitam dan berkopiah tampak bersiap membantu langsung penguburan jenazah.

Sementara, beberapa orang lainnya terlihat tengah membantu proses pemakaman.

Tak hanya foto saat turun ke dalam liang lahat saja, Erick Thohir juga membagikan foto saat Presiden Jokowi mencangkul tanah untuk menutup liang lahat.

Sebelum upacara pemakaman, Presiden Jokowi dan keluarga melakukan tradisi brobosan terlebih dahulu Tradisi brobosan merupakan bentuk penghormatan keluarga kepada almarhumah sebelum dikebumikan.

Usai jenazah dishalatkan dan peti jenazah diangkat menuju makam, para anggota keluarga memutarinya dengan melewati bagian bawah peti jenazah.

Selesai prosesi pemakaman, Presiden Joko Widodo kemudian berdoa di depan pusara almarhumah ibundanya, Sujiatmi Notomiharjo.

(Sofyan Hadi)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.