Tak Takut Menunggak, “Vania” Berdayakan Mobile JKN

Jakarta, sketsindonews – BPJS Kesehatan sebagai Badan Hukum Publik Penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) senantiasa mengikuti perkembangan jaman dengan membuat inovasi-inovasi yang dapat bermanfaat bagi peserta.

Salah satunya adalah Aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh di smartphone peserta. Program JKN-KIS yang telah memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN-KIS adalah adalah Vania Oktaviani (22), salah satu warga Kota Administrasi Jakarta Barat. Vania, panggilan akrab Vania Oktaviani, merasa Mobile JKN telah memberikan kemudahan baginya. (29/10)

Vania bisa mempelajari banyak tentang Program JKN-KIS dan melakukan update data dengan mudah dimanapun dia berada.

“Saya sudah menjadi peserta sejak tahun 2014. Pada saat itu, orang tua saya yang mendaftarkan saya”.

Namun, sejak tahun 2019 saya terdaftar terpisah dari orang tua saya karena usia saya sudah lebih dari 21 tahun,” tutur Vania sambil menunjukkan kemahirannya mengaplikasikan Mobile JKN di smartphone yang dimilikinya.

Menurut Vania, kewajibannya dalam membayar iuran secara rutin tiap bulan, untuk kelas 1 yang dipilihnya, tidak memberatkan. Vania merasa iuran yang ditetapkan tersebut dianggap sudah sesuai mengingat manfaat yang didapatkan begitu besar. Melalui Mobile JKN yang dimilikinya, Vania dapat mengecek riwayat pembayaran iuran dan tagihan yang harus ia bayarkan.

“Saya memang belum pernah sampai rawat inap di rumah sakit ya, tapi saya pernah memanfaatkan Program JKN-KIS untuk mengobati sakit gigi saya di Puskesmas Kembangan lima tahun lalu. Tidak lama juga saya berobat di Puskesmas Kembangan untuk sakit mata saya,” tutur Vania.

Pengalaman Vania dalam berobat di Puskesmas Kembangan membuat Vania berpikir pelayanan yang telah diberikan baginya sudah bagus dan prosedur administrasi yang dihadapinya juga tidak sulit seperti yang selama ini banyak orang bilang.

“Yang pasti, menurut saya Aplikasi Mobile JKN ini sungguh bermanfaat. Proses pengunduhan, pendaftaran, dan pengunaan pun juga mudah. Dengan adanya aplikasi yang membantu saya ini, saya tidak lagi merasa kesulitan mengecek kepesertaan saya. Pasti orang-orang yang menggunakannya akan mendapatkan manfaatnya,” tutup Vania dengan optimis.

nanorame