Home / Artikel / Tanah Abang Tertib PKL, Akankah Trotoar Bisa Bersih Ternikmati Pengguna Jalan

Tanah Abang Tertib PKL, Akankah Trotoar Bisa Bersih Ternikmati Pengguna Jalan

Jakarta, sketsindonews – Pasca Lebaran PKL masih saja melakukan aktifitas terhadap kawasan larangan bahu jalan dan trotoar.

Giat Tertib PKL kawasan Tanah Abang terus menjadi rutin, selain untuk menormalisasikan kembali fungsi jalan dan trotoar, ujar Kasatgaspol PP Tanah Abang Aries Cahyadi.

Sedikitnya 28 lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) tepatnya di Jalan Tentara Pelajar, jalan Pal Merah Utara serta jalan Pal Merah Barat, di depan stasiun Pal Merah, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, ini diangkut Satuan Satpol PP, Selasa (11/07/2017) pagi.

Mereka semuanya kami BAP untuk sidang tipirin nantinya di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Alhasil dalam giat ini kami sita sebagai barang bukti sebanyak 22 BB yang sudah kami amankan.

Dalam Operasi ini dengan kekuatan personil 30 anggota Satpol PP Kecamatan serta dibantu Binmaspol dan Babinsa, terang Aries.

Sementara Ketua Dewan Kota Jakarta Pusat Ferry Iswan ketika seketsindonews.com meminta tanggapapan mengatakan, PKL malam hari dan siang hari itu tak ada bedanya karena semuanya melanggar aturan, ujarnya.

Kenapa demikian perda tibum sudah jelas bahwa segala fungsi jalan maupun trotoar bukan untuk berdagang.

Terlihat kita saksikan banyak fungsi trotoar yang dibangun oleh Pemprov bukan bagi kepentingan publik, tapi pemanfaatan ruang yang dikelola secara nyata dengan dalih dibina.

Apa yang terjadi fungsi trotoar di Jakarta tidak ada yang kinclong alias bersih “kotor oleh sampah bahkan limbah minyak” yang sulit dibersihkan, papar Ferry.

Trend penertiban harus merubah pola dimana PKL binaan bukan hanya dievaluasi tapi pelanggaran perda dengan penutupan lokasi bagi penggiat ekonomi yang tak peduli terhadap eksosistem serta lingkungan.

Kalopun penertiban dilakukan maka harus di lakukan malam hari seperti PKL Jiung Kemayoran, jika pun dilakukan siang hari pedagangnya mana ada.

Janganlah anggaran itu selalu diakali sebagai kegiatan rutin tapi tak ada perubahan wilayah secara baik dalam menata lokasi fungsi sesungguhnya masyarakat sangat harapkan itu dari pemerintah, tegas Ferry.

reporter : nanorame

 

 

 

Check Also

PANGDAM 1/BB Mendukung Penuh Pelaksanaan HPN 2023

Sumut, sketsindonews – Pangdam I/BB, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, SE, MSi mendukung penuh berjalannya …

Watch Dragon ball super