Terisolir Tak Pernah Tersentuh Pemerintah RI

oleh
oleh
banner 970x250

Jakarta,sketsindonews – Prajurit TNI dari Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI – Papua Nugini melakukan patroli patok batas Meredian Monumen (MM) 7.2.

Prajurit yang berasal dari Batalyon Infantri Raider 700 menemukan kampung terisolir.
Bahkan, kampung yang oleh masyarakat adat setempat diberinama Digi ini, juga tidak masuk dalam peta wilayah Indonesia. Wilayah berpenghuni lima kepala keluarga (KK) itu berisi sekira 30 jiwa.

banner 300x600

Tokoh adat Kampung Digi, Terry Digibin memaparkan jika sebelumnya  jumlah penduduk di kampung yang berbatasan dengan Papua Nugini (PNG) tersebut dihuni sekira 100 orang. Namun, karena tidak tahu wilayahnya masuk NKRI ataupun PNG,maka warga yang lain sudah berpindah ke PNG.

“Dulu sekitar 100 orang ada itu yang tinggal di kampung, hanya kami tidak tahu apakah kami warga Indonesia atau PNG, maka sebagian warga sudah ada yang di PNG,” paparnya kepada awak media dengan bahasa indonesia yang terbata-bata beberapa waktu lalu.

Dikatakan Terry, hingga saat ini, kampung tersebut belum pernah terjamah oleh pemerintah daerah. Alhasil, dengan belum diketahuinya status kewarganegaraan  mereka, warga tidak tahu harus menuntut haknya.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.