Tinjau Terminal Mangkang, Menhub Upayakan Peningkatan Minat Penumpang Bus

oleh
oleh

Semarang, sketsindonews – Kementerian Perhubungan akan mengidentifikasi terkait masih minimnya minat penumpang bus khususnya untuk jarak menengah atau Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) sebagai upaya meningkatkan minat penumpang untuk menggunakan moda transportasi darat tersebut. Demikian disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Terminal Penumpang Bus Tipe A Mangkang di Semarang, Minggu (5/5).

“Kalau dari pengamatan kami tadi, untuk bus jarak jauh (AKAP) dan Bus Rapid Transit (BRT) sudah cukup baik. Namun bus jarak menengah memang punya masalah. Jadi penumpangnya tidak banyak, minatnya juga kurang, padahal busnya baik. Kita mau mengidentifikasi apa yang terjadi di angkutan menengah ini,” jelas Menhub.

Menhub menjelaskan, sangat penting untuk mencocokan antara fasilitas yang disediakan seperti bus dan terminal, dengan kebutuhan masyarakat agar angkutan bus bisa berjalan optimal.

“(Rute) bus tidak hanya ke Solo atau Surabaya saja, tapi bisa dari Solo atau Surabaya ke temanggung atau daerah lainnya. Masing-masing provinsi harus mengamati kecendrungan masyarakat, yang diinginkan rutenya seperti apa. Sehingga cocok antara fasilitas yang diadakan dan kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

Menhub juga menggarisbawahi terkait penegakkan hukum (law enforcement) yang masih lemah terkait masih adanya bus-bus yang mengangkut penumpang tidak di terminal, tetap di pool-pool. 

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.