Home / Berita / Pilkada Serentak, Adi: TNI-Polri Harus Jaga Netralitas

Pilkada Serentak, Adi: TNI-Polri Harus Jaga Netralitas

Jakarta, sketsindonews – Forum Rakyat Nusantara (FORSA) menilai munculnya calon kandidat berlatarbelakang TNI-Polri dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di beberapa daerah dikhawatirkan akan membuat netralitas kedua instansi aparat keamanan tersebut terganggu.

Hal tersebut dikatakan Adi Kurniawan Sekretaris Jenderal DPN FORSA dalam siaran persnya, Sabtu (06/01/18).

Menurutnya, bila netralitas kedua aparat keamanan itu terganggu. Maka tidak menutup kemungkinan hubungan kedua instansi tersebut juga akan terganggu.

Adi menilai dengan diambilnya calon kandidat yang berasal dari TNI-Polri sama saja membangun upaya konflik diantara kedua instansi tersebut.

“Jangan sampai di Pilkada serentak dan pilpres mendatang ini telah terjadi upaya pecah belah antara TNI dengan POLRI,” kata Adi.

Ia mengatakan bahwa sudah tercantum dalam suatu Undang-Undang (UU) yang melarangan TNI-Polri agar tidak terlibat langsung maupun tidak langsung dalam kegiatan politik. Sehingga jelas netralitas keduanya harus benar-benar dijaga demi stabilitas keamanan negara.

“TNI dan POLRI harus menjaga netralitasnya sebagai aparat keamanan. Kedua institusi tersebut dilarang untuk terlibat di dalam politik praktis. Karena akan mengganggu stabilitas keamanan,” ucapnya.

Sebab itu, lanjutnya, ia meminta kepada pemerintah khususnya Kementerian Dalam Negeri, Kemenpan RB dan juga Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menjaga ketat juga menindak tegas bila ada oknum-oknum TNI dan Polri bila ada yang tertangkap ikut terlibat dalam kegiatan politik praktis.

“Kami atas nama Forum Rakyat Nusantara (FORSA) mendesak kepada beberapa instansi terkait diantaranya KEMENDAGRI, KEMENPAN-RB dan juga KPU untuk tidak lengah dan bertindak tegas apabila ada kandidat yang melibatkan aparat keamanan (TNI-POLRI) dalam kegiatan politik,” tegasnya.

(*/Red)

Check Also

Terbang 20 Menit, Pesawat Citilink Kembali Mendarat Di Soeta

Jakarta, sketsindonews – VP Corporate Secretary and CSR Citilink Indonesia Ranty Astari Rachman benarkan adanya …

Watch Dragon ball super