Home / Berita / Tujuh Amalan yang Dilipatgandakan di Bulan Ramadhan

Tujuh Amalan yang Dilipatgandakan di Bulan Ramadhan

Oleh : Letkol Sus Giyanto

Bulan puasa menjadi bulan penuh berkah bagi umat muslim untuk memperbanyak pahala, selama menahan lapar dan haus ketika berpuasa.
Umat muslim dapat memperbanyak amalan untuk memperoleh pahala.

Ada beberapa Amalan sunnah untuk memperbanyak pahala ketika di bulan suci Ramadhan yaitu :

1. Mengerjakan Qiyamul-lail

Qiyamul-Lail dijelaskan dalam hadis HR Bukhari yaitu : “Barang siapa yang menjalankan qiyamu Ramadhan karena beriman dan mengharapkan pahala dari Allah, maka dosa-dosanya (yang kecil) yang telah lalu akan diampuni.

Ada beberapa amalan Qiyamul-Lail di malam bulan Ramadhan (Qiyamu Ramadhan/Shalat Tarawih). yaitu mengakhirkan makan di waktu sahur, menyegerakan berbuka sebelum Shalat Maghrib, berdoa ketika berbuka puasa, dan doa untuk bersyukur pada Allah SWT.

Misal, doa berikut ini : Dzahabazh zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah.

Doa ini diterangkan dalam hadist yang artinya: “Hilanglah rasa haus dan basahlah urat-urat (badan) dan Insya Allah mendapatkan pahala (HR Abu Dawud).

Memperbanyak sedekah dan mempelajari serta membaca Al Quran, mendekatkan diri kepada Allah dengan cara iktikaf di masjid, terutama pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

2. Shalat Tahajud

Salat tahajud merupakan salat sunnah utama yang dilakukan di sepertiga malam. Salat tahajud dikerjakan sedikitnya dua rakaat dan sebanyaknya tidak terbatas.

Berikut Doa dan Niat Shalat Tahajud adalah sebagai berikut :

أصلي سنة الهجير ركعتين لله تعالى

Ushollii sunnatat tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa.

Artinya : Aku (niat). Sholat sunat tahajud 2 rakaat, karena Allah Ta’ala waktu paling mustajab melakukan sholat tahajud di bulan ramadhan adalah ketika waktu sahur.

3. Membaca Al Quran

Nabi Muhammad SAW bersabda, sebagaimana hadis dengan kualitas hadis hasan dan sahih’ yang diriwayatkan Ibnu Masud: Barangsiapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya.

Aku tidak mengatakan Alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf. (HR At-Tirmizi).

Pahala membaca Al Quran di bulan puasa berlipat ganda dibanding bulan lainnya. Umat muslim dapat membaca Al Quran setelah shalat wajib atau fardhu.

4. Sedekah (Beramal)

Perbanyak sedekah dan amal ikhlas dilakukan di bulan puasa. Islam mengajarkan umatnya untuk berbagai, berbuat baik, dan mengamalkan kebaikan.

Seperti firman Allah SWT dalam surah Al Baqarah, “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui (QS 2:261).”

Anjuran bersedekah juga diriwayatkan dalam Hadist At-Tirmidzi: “Sesungguhnya sedekah itu memadamkan kemurkaan Allah dan menolak kejelekan, (HR At-Tirmizi).

5. Mencari Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar termasuk malam yang dinantikan di bulan Ramadhan. Malam Lailatul Qadar disebut sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

6. Perbanyak Dzikir, Doa, Dan Istighfar

Sesudah shalat wajib, umat muslim melakukan dzikir, doa, dan istighfar. Rasulullah SAW bersabda “Sesungguhnya orang yang berpuasa ketika ia berbuka doanya tidak akan ditolak,” (HR. Ibnu Majah).

7. Memberi Buka Puasa Untuk Orang Yang Berpuasa Dan Zakat Fitrah

Zakat fitrah wajib dilakukan bagi umat muslim yang mampu. Zakat fitrah dilakukan sebelum shalat led (salat hari raya Idul Fitri).

Dari Ibnu Abbas Radhiallahu ánhuma berkata: “Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah untuk mensucikan orang-orang yang berpuasa dari kesia siaan dan kata-kata keji, dan juga untuk memberi makan fakir miskin.

“Barang siapa yang menunaikannya sebelum salat (hari raya) maka zakatnya diterima dan barang siapa yang menunaikannya setelah sholat maka itu hanyalah sedekat di antara sedekah biasa,” (HR/ Abu Daud).

Check Also

Profesor Huzaimah Wafat, Indonesia Kehilangan Ulama Perempuan Kaliber Internasional

Jakarta, sketsindonews – Guru besar Fakultas Syariah dan Hukum Prof. Dr. Huzaimah Tahido Yanggo meninggal …

Watch Dragon ball super