@UNSMA2016, VISI 2020: MENGAJAR 1 JUTA SISWA SECARA ONLINE

oleh
oleh

Jakarta, sketsindonews – Tim Admin @UNSMA2016 menyelenggarakan Seminar Generasi Emas Prestasi Tanpa Batas dan Peluncuran Komunitas Bimbingan Belajar Online Gemastas.com di Graha Utama Lantai 3, Gedung A Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Jl. Jend. Sudirman, Senayan, Jakarta, sabtu (13/8).

Saat ini para pelajar dan mahasiswa di Indonesia telah familiar dengan akses internet yang disediakan pihak sekolah, internet keluarga di rumah, wireless internet di tablet, Blackberry atau smartphone Android, maupun akses internet publik lainnya. Sudah menjadi trend yang umum bahwa selain belajar di sekolah rata-rata pelajar menggunakan waktunya untuk mengakses internet, baik untuk menelusiri informasi serta chatting atau berinteraksi di media sosial.

Namun jika chatting atau online terus, kapan belajarnya? Ini yang sering muncul di benak para guru dan orangtua.

Sebagai jawaban atas pertanyaan tersebut, munculah ide kreatif Tessa Viennie Setiawan yang menjawab pertanyaan di atas dengan bukti nyata bahwa “siapa saja bisa belajar kapan saja, di mana saja, sambil online di internet”. Kami membuktikannya dengan membangun dan mengelola komunitas Line akun @UNSMA2016 yang dibuka mulai 8 November 2015 lalu.

Akun @UNSMA2016 ini sejak awal bertujuan untuk membantu para siswa kelas XII SMA yang memiliki akun Line agar dapat memanfaatkan media sosial khususnya Line sebagai media pembelajaran yang efektif dalam menghadapi dan mempersiapkan Ujian Nasional SMA tahun 2016.

Selain membantu dalam hal akademik mengenai pembelajaran dan materi yang diujiankan, akun ini juga dimaksudkan untuk menginspirasi dan memotivasi para siswa yang menjadi anggota.

Komunitas @UNSMA2016 terbukti berhasil menjadi “Kelompok Belajar Online SMA Terlengkap, dan Terbesar di Indonesia,” yaitu saat ini memiliki 44.260 siswa (followers), dengan 200 chat per menit (dialog tanya jawab soal dan jawaban). Ini artinya lebih besar dari jaringan bimbingan belajar konvensional berbayar manapun di Indonesia.

@UNSMA2016 membuat lebih dari 44.000 pelajar di seluruh Indonesia jadi semangat belajar tinggi dan siap menghadapi Ujian Nasional (UN) yang semula sangat ditakuti dan bahkan menjadi mimpi buruk bagi banyak pelajar. Inilah bukti bahwa pelajar Indonesia antusias untuk belajar lewat internet, khususnya media sosial.

@UNSMA2016 turut serta menyukseskan program pemerintah di bidang pendidikan nasional. Saat ini pemerintah masih mengalami banyak kendala dan tantangan untuk pemerataan pendidikan dan mata pelajaran.

Contohnya pelajar SMA di pedesaan luar Jawa belum tentu lulus jika melakukan ujian nasional di Jakarta. Namun @UNSMA2016 terbukti memecahkan permasalah itu dengan melakukan kegiatan bimbingan belajar bagi lebih dari 44.000 siswa SMA di seluruh pelosok Indonesia secara simultan dengan menggunakan platform media sosial Line. Dan kelulusan siswa anggota @UNSMA2016 mencapai tingkat sukses tertinggi 100%. Setelah lulus SMA juga berhasil masuk Perguruan Tinggi idaman masing-masing.

Layanan @UNSMA2016 diselenggarakan secara cuma-cuma. Pembiayaan dilakukan oleh swadaya para Tim Admin Pelajar karena belum mendapat dukungan dari pemerintah, sekolah, maupun pihak swasta.

Setelah Ujian Nasional SMA berakhir banyak pertanyaan bermunculan mengenai identitas Tim Admin @UNSMA2016 dan terutama mengenai rahasia-rahasia sebagai berikut:

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.