Back

Media Terpercaya

Warga Kejati DI Yogyakarta Konsumsi Empon-empon

Jakarta, sketsindonews – Dampak positif pandemi virus corona di negeri ini, membuat penduduk semakin sadar diri dengan menjaga kebersihan. Mulai dari menggunakan masker hingga rutin membersihkan tangan sesuai melakukan aktivitas.

Bahkan tradisi mengkonsumsi rempah-rempah yang berasal dari resep leluhur pun kini mulai digemari.

Tengkok saja apa yang dilakukan Kejaksaan Tinggi D.I. Yogyakarta belum lama ini dengan menyediakan minuman herbal bernama: empon-empon.

Ramuan tradisional itu diklaim berkhasiat untuk menjaga stamina tubuh, terutama di saat sedang ada perebakan wabah corona ini.

“Empon-empon” adalah istilah yang dipakai untuk berbagai bahan baku dan rempah yang biasa digunakan untuk membuat minuman tradisional Indonesia jamu, seperti jahe, kunyit, temulawak, dan kencur.

Menurut Kepala Kejaksaan Tinggi DIY Jogjakarta, Dr Masyhudi, pola hidup sehat ini sebagai bentuk komitmen Kejaksaan Tinggi DIY untuk melindungi keselamatan dan kesehatan para pegawainya.

Lanjut dia, antisipasi penyebaran virus Corona (Covid 19) di Indonesia saat ini, Kejaksaan Tinggi DIY juga sudah melakukan beberapa langkah preventif lainnya yaitu mengukur suhu tubuh para pegawai maupun tamu yang memasuki kantor, kemudian menyediakan cairan hand sanitizer dan edukasi cara mencuci tangan serta etika batuk dan bersin, serta para pegawai melakukan absensi secara manual menggunakan pena masing-masing.

“Kemudian, kami melakukan vaksinasi influenza dalam rangka pencegahan dan penyebaran virus Covid-19. Sebelum melakukan vaksin, terlebih dahulu pegawai diperiksa kesehatan dasarnya, mulai suhu badan hingga riwayat penyakit lainnya. Apabila tidak ditemukan tanda-tanda atau gejala sedang sakit, para pegawai pun bisa langsung melakukan vaksinasi influenza tersebut,” papar dia.

Dijelaskan Jaksa bergelar Doktor hukum itu vaksinasi ini memang bukan untuk mencegah atau bahkan mengobati Covid-19, namun vaksin influenza ini gunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh diri kita dari virus flu yang gejalanya mirip seperti corona atau Covid-19.

Turut dalam kegiatan vaksinasi ini selain Kajati DIY, juga Wakajati DIY, dan para Asisten serta pejabat struktural dan pegawai dilingkungan kota budaya tersebut.

(Sofyan Hadi)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.