Home / Artikel / Warga Kemayoran Akan Miliki TPS Terpadu, “OK Banget Camat”

Warga Kemayoran Akan Miliki TPS Terpadu, “OK Banget Camat”

Jakarta, sketsindonews – Problem TPS (Tempat Pembuangan Sampah) pinggir jalan hingga saat ini menjadi pemandangan yang kurang sedap ditambah gerobak pinggir jalan yang nangkring.

Apalagi jika pengangkutan sampah oleh Sudin LH dan Kebersihan Kota Jakarta Pusat telat tak tepat waktu hingga menjadi penumpukan kejalan hingga tercecer.

Solusi dan problem di wilayah Kecamatan Kemayoran kemungkinan akan teratasi, dimana titik TPS yang selama ini terlihat di 4 titik, sepanjang Kali Item Sentiong diantaranya ; Jalan Bendungan Jago (Serdang), Sengon (Utan Panjang), Jalan Mada (Harapan Mulia) dan jalan Kali Baru (Kebon Kosong) sebentar lagi akan bisa diatasi di pindahkan di Jalan Marto Kebon Kosong, Jakarta Pusat.

Problem TPS pinggir jalan di wilayah Kemayoran bila itu terwujud merupakan hal pertama dalam sejarah di Jakarta Pusat, dalam mengatasi problem pemda DKI Jakarta yang tak pernah selesai, ujar Joko Sardjono penggiat Lingkungan Hidup Selaras Mandiri. (17/5)

doc.sketsindonews.com

“Kami sangat apresiasi atas dedikasi dan upaya solusi yang dilakukan oleh Camat Kemayoran Herry Purnama atas peran pendekatan dengan pihak PPKK hingga dapat mewujudkan realisasi pemberian lahan untuk TPS terpadu dan terintegrasi.

Joko menambahkan, tidak mudah pihak PPKK memberikan lahan seluas 1000 M2 kepada pihak Pemerintah DKI Jakarta, artinya ; Pihak Pemerintah Kecamatan Kemayoran sangat peka (mampu) dalam program mendorong prioritas kepentingan publik warga Kemayoran sesuai kebutuhan warganya.

Kita tahu bersama TPS pinggir jalan di Kemayoran tak pernah tuntas dalam kurun waktu 30 tahun, Ok Banget Camat Kemayoran, ucap Joko.

Sementara Anggota Dewan Kota Jakarta Pusat Bayu Sudarmadji saat diminta tanggapan mengatakan, terobosan yang dilakukan Camat Kemayoran (HP) perlu menjadi asupan bagi bagi Pemprov DKI dalam atasi problem TPS di wilayah yang selama sangat krusial karena terbatasnya lahan serta lokasi TPS.

Dengan adanya lahan tersebut maka TPS yang biasanya tidak terpikirkan persoalan amdalnya nanti dapat dibuat sesuai dengan aturan perundangan.

“Selama inikan tak pernah Dinas LH dan Kebersihan tak terpikirkan dalam membangun TPS sesuai dengan konsep ramah lingkungan”, kata Bayu.

Sementara Camat Kemayoran Herry Purnama mengakui, dirinnya berharap warga Kemayoran mendoakan, agar percepatan realisasinya pembangunan dapat segera dilakukan pada tahun 2017, tukasnya.

Yah, tahun 2017 pihak Pusat Pengelola Komplek Kemayoran (PPKK) telah menyediaan lahan yang semula dijanjikan hanya 300 meter persegi saat ini diperluas menjadi 1.000 meter persegi untuk dibangun Tempat Pembuangan Sampah (TPS), ramah lingkungan terletak di Jalan Kemayoran Gempol Ujung atau Jembatan Marto, RW 09, Kebon Kosong, sesuai dengan hasil rapat keputusan dengan Dirut PPKK, terangnya.

Camat Herry yang asli warga Harapan Mulia serta memiliki suara pop jazzy ini menambahkan TPS ramah lingkungan itu nantinya dalam pembangunannnya oleh pihak Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta.

Meski begitu, Herry Purnama langsung membagi tugas agar 4 lurah diantaranya Lurah Kebon Kosong, Serdang, Utan Panjang dan Harapan Mulia untuk segera melakukan sosialisasi kepada RT/RW maupun petugas Regu Kebersihan Swadaya Masyarakat (RKSM) diwilayahnya, tutup Herry.

reporter : nanorame

Check Also

Siapa Bertanggung Jawab PKL Istiqlal Yang Menjadi Kawasan Ambalat

Jakarta, sketsindonews – Pelimpahan pedagamg PKL Monas yang tumpah di jalan Veteran (Masjid Istiqlal) terus …

Watch Dragon ball super