Yogyakarta Jadi Tuan Rumah Pertemuan Nasional Museum Se-Indonesia

oleh
oleh
banner 970x250

Yogyakarta, sketsindonews – Dirjen Kebudayaan Kementrian Pendidikan Kebudayaan menggelar Pertemuan Nasional Museum bertema Museum Sebagai Sumber Belajar dan Pendidikan Karakter Bangsa di Yogyakarta 16 – 19 Mei 2017 di hotel Sahid Rich Yogyakarta.

Pertemuan Nasional Museum (PNM) se-Indonesia 2017 ini diikuti sekitar 400an pengelola museum dari berbagai daerah ini dibuka dengan Tari-tarian seperti tari jabang putri (Jatilan badui angguk) yang merupakan tarian kerakyatan.

banner 300x600

Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia (AMI), Putu Supadma Rudana mengatakan pertemuan nasional Museum se-Indonesia di Yogyakarta ini membahas berbagai hal diantaranya soal managemen pengelolaan museum yang sangat penting untuk mengembangkan musuem di Indonesia.

Pria kelahiran bali ini mencontohkan negara Singapura yang sedikit koleksi tetapi karena narasi dan managemennya bagus, maka museum berkembang dengan baik. Di Eropa juga demikian, koleksi yang ada justru kebanyakan dari Timur Tengah dan Indonesia, tetapi karena managemen pengelolaan yang baik maka museum berkembang pesat.

“Masalah packaging dan marketing yang bagus. Kita (di Indonesia) perlu meningkatkan SDM-nya, packaging dan managemennya. Termasuk managemen keamanan juga harus ditingkatkan,” kata Putu Supadma Rudana di Pertemuan Nasional Museum se-Indonesia.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.