Home / Berita / Ziarah Nasional dan Tabur Bunga Peringati Hari Jadi Korps Marinir Ke-72

Ziarah Nasional dan Tabur Bunga Peringati Hari Jadi Korps Marinir Ke-72

Pemalang, sketsindonews – Wakil Komandan (Wadan) Pasukan Marinir (Pasmar) 2 Jakarta Korps Marinir (Kormar) Kolonel Mar Sarjito, Selasa (07/11/17) Pimpin Ziarah Nasional Dan Tabur Bunga Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Korps Marinir Ke-72 Tahun 2017 Di Kabupaten Pemalang, yang pelaksanaan upacaranya dilaksanakan setiap tanggal 15 November. Bertempat di TMP Jayana Sureng Yudha Desa Penggarit Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang.

Acara giat Ziarah Nasional dan Tabur Bunga dalam rangka hari Pahlawan serta memperingati HUT Korps Marinir ke-72, sebagai penyelenggara kegiatan Ziarah adalah dari Kormar Jakarta yang diikuti sebanyak 175 personel, dari Instansi TNI dan Polri, serta pengurus gabungan Ibu Dharma Pertiwi.

Hadir dalam acara tersebut antara lain, Kolonel Mar Sarjito Wadan Pasmar 2 Jakarta, Kolonel Mar Oni Yunianto Dan Brigif 2 Mar Cilandak Jakarta; H Drs.Martono Wakil Bupati Pemalang; Letkol Mar SB. Manurung Danlanal Tegal; Letkol Inf Edy Supriyadi S.S.,MM.; M. Tr. (Han). Dandim 0711/Pemalang; Kompol Salkeri SH.MH  Wakapolres Pemalang; Mayor Mar Dodi Khaerudin S Danyon Kav Pasmar 2 Jakarta; Kapten Mar Totok Rudi Sopandi Pasipers Pasmar 2 Jakarta; Kapten Laut (P) Subandi  Pjs. Palaksa Lanal Tegal; Kapten Lek Yusuf S Kasikom Satradar 214/ Tegal mewakili Dansatradar 214/Tega; Bp. Abdul Ghofur SH.MM Ketua PN Pemalang; Bp. Bambang Supriyambodo SH. Kajati Pemalang; Serta Danposal Pemalang Peltu Nav Sugiri.

Sedangkan peserta Ziarah terdiri dari, 2 SST Pers / Yon Kav / Pasmar  2 Jakarta, 1 SST Kodim 0711/Pemalang, 1 SST TNI AL  Lanal Tegal, 1 SST Polres Pemalang, 1 SST Satradar 214/Tegal, Gabungan ibu ibu Persit, Jalasenastri dan IKKT.Rangkaian kegiatan Ziara meliputi, Persiapan pasukan peserta Ziarah di TMP Jayana Sureng Yudha,Pimpinan Rombongan Ziarah memasuki tempat yang telah ditentukan, Penghormatan kepada Arwah para Pahlawan, Mengheningkan cipta dipimpin oleh Pimpinan Ziarah.

Peletakan karangan bunga oleh pimpinan rombongan ziarah dan diikuti oleh seluruh peserta ziarah, Penghormatan terakhir kepada para Arwah para Pahlawan. Pimpinan rombongan Ziarah dan peserta Ziarah meninggalkan TMP Jayana Sureng Yudha.

Hampir dari keseluruhan yang dimakamkan di TMP Jayana Sureng Yudha sebagian besar adalah para KKO C.A.- IV / ALRI Tegal, yang bertempur melawan tentara Belanda periode Perang Kemerdekaan, pada saat Markas C.A-IV / AKRI Tegal digempur dengan adanya Agresi Belanda ke-II. Para KKO tersebut mengundurkan diri ke daerah Pedalaman untuk Konsolidasi ke Wonosobo,di Desa Penggarit inilah mereka bertempur sampai titik Darah Penghabisan dan Gugur sebagai Pahlawan Bangsa.

(*/Tasirun)

Check Also

Nurhasan Inisiasi Konflik Pembebasan Lahan Pelabuhan Patimban Menjadi Prioritas Nasional

Subang, sketsindonews – Rombongan kunjungan kerja spesifik dari komisi V DPR RI, didampingi oleh kementerian perhubungan, kementerian PU, dirjen perhubungan laut, dan lainnya sampai di Pelabuhan Patimban, Subang, Jumat (22/9), kedatangan mereka disambut langsung oleh PLT Bupati Subang.

Tujuan kunjungan spesifik ini yaitu memastikan berjalannya segala perangkat dalam pembangunan pelabuhan Patimban. Pelabuhan ini diharapkan dapat memberi support pada pelabuhan Tanjung Priok.

Kunjungan ini diinisiasi oleh anggota DPR RI di dapil tersebut, yaitu Nurhasan Zaidi. Ia menyebutkan pembangunan ini berpotensi meningkatkan perekonomian jangka panjang masyarakat Subang.

“Jelas meningkatkan ekonomi, namun hal penting dan tujuan saya pribadi datang kesini yaitu untuk menyelesaikan konflik pembebasan lahan,” ujarnya.

Masyarakat mengeluhkan harga pembebasan lahan yang kurang layak. “Saya anak petani disini merasa harga yang diajukan sangat murah,” kata salah satu warga.

Nurhasan menyepakati dan menanggapi bahwa harga Rp. 300 ribu itu tidak pantas ditukar dengan lahan disini yang sangat subur.

“Kami sepakat dengan modernitas, namun masyarakat harus tetap jadi prioritas, insya Allah kami akan perjuangkan sekuat tenaga” tambah politisi PKS ini.

Hasil dari kunjungan ini akan dibawa pada pembahasan terakhir di DPR, sebagai keputusan final. “Kunjungan ini saya inisiasi dan semoga masyarakat melihat keseriusan kami yang ingin menyelesaikanya,” tambah Nurhasan.

“Kami mengubah jadwal yang sebelumnya ke Lombok menjadi ke Patimban karena kami sudah jadikan ini sebagai prioritas nasional,” tutup Nurhasan.

(Red)

Terkait

Watch Dragon ball super