Home / Berita / Ahok Cuti Kampanye, Plt Gubernur Masih Teka Teki

Ahok Cuti Kampanye, Plt Gubernur Masih Teka Teki

Jakarta, sketsindonews – Cuti Kampanye, Gubernur Ahok akan segera di lakukan Minggu ini.

Siapakah yang menjadi Plt Gubernur DKI Jakarta setelah nantinya Ahok melakukan cuti kampanye. issue berkembang Pejabat Eselon I Kemendagri Soni Sumarsono yang sekarang menjabat Dirjen Otonomi Daerah (Otda) dikabarkan akan menjadi Plt. Gubermur DKI.

“Saya belum mendengar informasi apa-apa. Sampai saat ini saya juga belum tahu (siapa calon Plt pengganti Ahok),” kata Soni, kemarin.

Berdasarkan Permendagri 74 tahun 2016, Plt Gubernur tidak memiliki kewenangan penuh. Dia hanya bertugas menjembatani dan menyambungkan kebijakan Gubernur.

“Itu harus eselon satu dari Kemendagri dan saya kenal semuanya, mereka semua baik,” ucapnya.

Ia juga mengatakan saat ini tergantung Kemendagri menempatkan siapa yang bisa mengawal, mengamankan dan kemudian melaksanakan serta mengeksekusi program-program yang sudah dirancang.

Amir Hamzah pengamat Kebijakan Publik di Balaikota mengatakan, masih gelap tentang siapa calon Plt Gubernur DKI yang akan diangkat Presiden Jokowi.

“Sebab katanya, Jokowi yang mengangkat Plt. Gubernur DKI, ” kata Amir Hamzah.

Amir mengatakan blla Jokowi yang akan mengangkat Plt. Gubernur DKI maka ini dikhawatirkan keberpihakannya kepada Ahok. Namun bila Mendagri Tjahjo. Kumolo yang mengangkat Plt. Gubernur maka ini akan netral dalam menjalankan tugas. (20-10-2016)

Namun demikian, Amir Hamzah: Biasanya di ambil salah satu pejabat dari kemendagri yg diangkat dengan keputusan Presiden Jokowi.

“Tapi bisa saja Sekda Saefullah diangkat oleh Presiden karena convensinya memang begitu dalam aturan secara UU,” tandasnya. (*)

Check Also

Sejak Hari Ini Forward Pesan WhatsApp Dibatasi

Jakarta, sketsindonews – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara bahas langkah nyata untuk mengurangi penyebaran …

Watch Dragon ball super