Home / Artikel / BPJS Kesehatan Jakarta Pusat Sosialissikan Sistem Rujukan Berbasis Kompetensi dan Program Rujuk Balik Peserta JKN – KIS

BPJS Kesehatan Jakarta Pusat Sosialissikan Sistem Rujukan Berbasis Kompetensi dan Program Rujuk Balik Peserta JKN – KIS

Jakarta, sketsindonews – Badan Penyelenggara Jasa Kesehatan (BPJS) dengan Sistem Rujukan Berjenjang Berbasis Kompetensi dan Program Rujuk Balik (PRB) berbasis Medication Therapy Management kini di terapkan dalam rangka mengembangkan sistem layanan kesehatan bagi peserta JKN – KIS.

Menurut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Pusat Eddy Sulistijanto kepada awak media menjelaskan, sistem rujukan berjenjang berbasis kompetensi ini disosialisasikan kepada seluruh FKTP dan FKRTL yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Pusat.(31/7).

sosialisasii.bpjs.kesehatan.jp.doc 

Kegiatan ini ditujukan agar pada bulan Agustus nanti pelaksanaannya dapat lebih optimal dan terintegrasi baik pada aplikasi PCare, aplikasi VClaim hingga aplikasi Apotek Online.

Saat ini pula BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Pusat mensosialisasikan Program Rujuk Balik (PRB) berbasis Medication Therapy Management (MTM), dimana dalam PRB ini Apoteker juga sangat berperan penting dalam melakukan monitoring penggunaan obat PRB.

Hal ini bertujuan integrasi sistem pelayanan kesehatan ini agar monitoring terapi peserta PRB akan selalu terpantau tidak hanya di FKRTL maupun FKTP, namun juga di apotek PRB, ucapnya.

“Semoga dengan Program Rujuk Balik (PRB) berbasis Medication Therapy Management (MTM) ini dapat meningkatkan kerjasama antara apoteker, dokter, profesionalisme kesehatan lain, dan meningkatkan komunikasi antara pasien dan tim kesehatan.”

Hal yang sama pula Manajemen Apotek PRB juga menyambut baik PRB berbasis MTM. Sudah waktunya pelayanan obat di apotek berbasis farmasi klinis, sehingga peran Apoteker dalam Jaminan Kesehatan Nasional lebih nampak.

Mereka mengharapkan kedepannya BPJS Kesehatan juga dapat memperhatikan biaya operasional kegiatan MTM. Apotek PRB se – wilayah Jakarta Pusat juga berkomitmen untuk memastikan ketersediaan kebutuhan obat PRB.

Pohaknya  BPJS juga sangat mengapresiasi FKRTL yang telah mendukung optimalisasi Program Rujuk Balik yaitu RS yang berinovasi membuat aplikasi monitoring peserta PRB (RSUD Sawah Besar dengan aplikasi SI PENSIL 3 IN 1 dan RSUD Johar Baru dengan aplikasi SuperApps) serta RS St Carolus yang sudah berkomitmen untuk merujuk balik peserta dengan penyakit kronis sudah stabil, dengan pencapaian peserta rujuk balik tertinggi di wilayah Jakarta Pusat, papar Eddy

reporter : inong

Check Also

Sky Bridge Tanah Abang Ujian Pejabat Yang Terlibat Dalam Menuntaskan PKL

Jakarta, sketsimdonews – Menata “Sky Bridge’ (JPM) hingga kini masih polemik apalagi menjamin sterlitas kawasaan …

Watch Dragon ball super