Home / Traveling / Dampak Terorisme Terhadap Kunjungan Wisata Mancanegara
Direktur Akademi Pariwisata Tridaya Jakarta, Dita Aditia Ismawati. (Dok. Pribadi)

Dampak Terorisme Terhadap Kunjungan Wisata Mancanegara

Jakarta, sketsindonews – Direktur Akademi Pariwisata Tridaya Jakarta, Dita Aditia Ismawati mengatakan bahwa dengan adanya peristiwa bom yang terjadi akhir-akhir ini akan berdampak pada kunjungan wisata mancanegara melihat sudah ada 13 negara mengeluarkan Travel Advice.

Sebagai informaai berikut 13 negara yang mengeluarkan Travel Advice, Antara lain, Negara Inggris, Amerika, Australia, Hongkong, Selandia Baru, Singapura, Malaysia, Polandia, Irlandia, Kanada, Perancis, Filipina, dan Swiss.

Hal tersebut menurutnya mengakibatkan target kunjungan Wisatawan Mancanegara (wisman) bisa jadi menurun bahkan tidak akan tercapai dari target yang ditetapkan pemerintah, mengingat tahun ini Kemenpar memiliki target 17.000.000 wisman.

“Imbas dari teror ini akan reda sekitar 2-3 bulan, jika melihat selama 2 bulan akan mengurangi kunjungan sebanyak 2-3 juta wisman,” paparnya melalui siaran pers, rabu (23/5).

Dita menambahkan bahwa hal tersebut tentu juga akan berpengaruh pada pendapatan daerah dan penghasilan masyarakat yang bekerja di bidang industri parisiwata di destinasi tertentu.

Menghadapi kondisi seperti ini, Dita merasa bahwa pemerintah perlu melakukan berbagai upaya melakukan upaya pemulihan keamanan dan rasa aman bersama-sama dengan Polri dan TNI.

“Meyakinkan negara-negara originasi bahwa diluar daerah tragedi kondisi Indonesia dinyatakan aman 100%,” lanjutnya.

Serta menururnya pemerintah juga perlu melakukan kegiatan-kegiatan emergency untuk mendatangkan wisman, misalnya, menyelenggarakan program pelatihan singkat pariwisata di daerah perbatasan yang pesertanya warga negara asing contohnya diadakan di batam dengan cara mengundang negara-negara tetangga untuk hadir mengikuti pelatihan/seminar sebagai pengganti target 2-3 juta wisman. Berhubung Batam berbatasan langsung dengan Singapur.

“Insentive ticket atau promo tiket, Event budaya di perbatasan, Fam trip, dan lain-lain,” sarannya.

(Eky)

Check Also

Tiga Pantai Di Ambon Yang Akan Memanjakan Mata Anda, Fotografer Pasti Suka

Ambon, sketsindonews – Mengunjungi ibu kota Maluku yakni Ambon kita akan dihadapkan dengan berbagai hal …

Watch Dragon ball super