Dokter AS Cangkok Jantung Babi Ke Manusia, Ini Hasilnya

oleh
oleh
banner 970x250

Jakarta, sketsindonews – Tim dokter dari University of Maryland Medicine, Amerika Serikat melakukan tindakan yang menggemparkan dunia. Buktinya, pihaknya sukses mengoperasi transplantasi atau cangkok jantung babi ke seorang pasien yang menderita penyakit jantung akut.

Ini merupakan operasi cangkok jantung babi ke manusia pertama kali dalam sejarah.

banner 300x600

Dilansir dari Newsweek, Dr. Muhammad Mohiuddin, pakar xenotransplantasi (transplantasi organ binatang ke manusia) yang ikut memimpin operasi tersebut mengatakan, jika prosedur itu berhasil, maka akan menjadi solusi krisis donor organ di muka Bumi.

“”Jika ini berhasil, maka kita akan memiliki pasokan organ tidak terbatas untuk pasien-pasien (yang membutuhkan donor organ) yang kini sedang menderita,” kata Muhammad.

Sebelumnya diberitakan, Muhammad bersama rekan-rekannya dari University of Maryland School of Medicine telah mencangkok jantung babi, yang telah disunting secara genetik, kepada David Bennett, pasien berusia 57 tahun. Operasi itu digelar pada 7 Januari 2022 lalu.

Muhammad, dalam pernyataannya di situs resmi University of Maryland School of Medicine, juga mengatakan operasi ini adalah puncak dari riset selama bertahun-tahun.

Para dokter mengatakan kini kondisi Bennett stabil dan sedang dalam masa pemulihan, meski pun masih terus diawasi secara ketat. Para dokter juga mengatakan bahwa masih terlalu dini untuk mengklaim bahwa prosedur itu berhasil.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.