Back

Media Terpercaya

Ironis, 18 Rumah di Bantaran Kali Anak Ciliwung Pegangsaan ‘Ambruk’ Saat Hujan Ekstrem

Jakarta, sketsindonews – Sebanyak 3 RT masing (RT 03, 05, 07) di RW 07 Kelurahan Pegangsaan Kecamatan Menteng yang menempati bantaran Kali Anak Ciliwung dan Sungai Cisadane ambruk saat hujan ekstrem banjir melanda kawasan seketika pada hari selasa (25/02/20).

Diketahui kejadian naas tersebut tak ada korban jiwa hanya berupa material warga rusak berat saat kejadian tanah bantaran kali ambrol aibat tergerus kontur tanah tak kuat menahan debet tinggi arus air (abrasi).

“Longsor tersebut terjadi akibat Kali Ciliwung tak bisa menampung air yang semakin mengecil sementara debet air deras tak terhindarkan, akibatnya rumah warga pinggiran kali terkena dampak menahan dari tak kuat pondasi,” ujar Camat Menteng Edy Suryaman saat didampingi Wakil Camat Suprayogi dan Lurah Suparjo saat melihat kondisi ambruknya rumah warga di lokasi kejadian.

Sementara pihak pemerintah Kecamatan Menteng kini terus mendata korban rumah warga selain juga terus melakukan evakuasi dengan realokasi sementara sebagai sarana tinggal.

Lanjut Edy, untuk selanjutnya pihak pemerintah akan memindahkan mereka kerumah susun menjadi alternatif utama bagi warga pinggiran kali terkena dampak agar mereka lebih nyaman nantinya untuk tidak menempati bantaran kali.

“Selain itu pemerintah juga telah menyalurkan logistik kebutuhan warga untuk sementara makan dan minuman selain nanti kordinas terkait akan segera ditindak lanjuti secara cepat baik juga kesehatan warga untuk selalu kami prioritaskan,” tandas Edy.

(Nanorame)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.