Home / Berita / The Jupiters Dan Penerjun 18 Negara Ramaikan JIAS 2017

The Jupiters Dan Penerjun 18 Negara Ramaikan JIAS 2017

Yogyakarta, sketsindonews – Rangkaian kegiatan Jogja Internasional Air Show 2017(JIAS) 2017, hari ini Jumat, 287/4 dilaksanakan di Alun-alun Wates Kabupaten Kulon Progo. Event yang dibuka Komandan Pangkalan TNI AU Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Ir Novyan Samyoga,MM, dihadiri para pejabat di jajaran pemerintahan Kab Kulon Progo, pejabat dari TNI dan Polri dan para pecinta olah raga dirgantara, para siswa siswa SD, SMP, SMA dan SMK dan masyarakat umum.

Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga, M.M. saat menerima bendera dari penerjun di lapangan alun-alun wates. (Dok. Pentak Lanud Adisutjipto)

Acara dimulai pukul 08.30 WIB, diawali dengan sambutan dari Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga, MM dan dilanjutkan dengan sambutan dari Bupati Kulon Progo yang diwakili oleh Pjs Bupati Kulon Progo Anton.

Salah Satu Penerjun saat beraksi dilangit Kulon Progo

Komandan Lanud Adisutjipto Ir. Novyan Samyoga menyampaikan bahwa Jogja Internasional Air Show tahun ini memang berbeda dibanding tahun sebelumnya. “Kalau kemarin-kemarin hanya Jogja Air Show (JAS),.  Kalau sekarang sudah Internasional, sehingga diikuti atlet-atlet mancanegara. dari 18 negara,” Jelasnya.

Kegiatan  Jogja International Air show yang pertama kali dilaksanakan di Alun-alun Wates ini mendapat apresiasi dan dikagumi oleh ribuan penonton masyarakat. Ribuan penonton memadati Alun-alun Wates dan berdetak jantung saat menyaksikan manuver Aerobatik dari The Jupiters. Setelah sekitar 30 menit terkesima dengan manuver The Jupiter warga masyarakat kemudian di suguhi dengan atraksi Aeromodeling. Setelah melihat show Aermodeling, kembali Warga masyarakat Kulon progo kembali di debarkan dengan atraksi-atraksi puluhan penerjun professional dari berbagai penjuru dunia.

The Jupiter saat bermanuver di candi prambanan, pada even JIAS 2017. (Dok. Pentak Lanud Adisutjipto)

Tercatat ada 62 atlet dari 18 Negara yang turut ambil bagian dalam penerjuanan ini, yaitu USA,  Rusia, Norwegia, Canada, Malaysia, Thailand, Korsel, China, Philipina, Italy, Perancis, German, Irlandia, Belgia, UAE, Belanda, Finlandia, dan Singapura.

Ribuan warga kulonprogo saat menikmati tampilnya atraksi The Jupiters yang sedang melukis diatas langit alun-alun Wates, Jumat, (28/4).

JIAS 2017 merupakan event yang pertama kalinya ditampilkan di seluruh kabupaten dan kota di DIY dan acara puncak akan berlangsung di Pantai depok Minggu (30/4). “Sengaja JIAS 2017 diselenggarakan untuk mendekatkan Masyarakat, dengan kedirgantaraan  dan TNI AU, dan semoga lebih banyak generasi muda yang berminat untuk mengabdi kepada negara melalui TNI AU,” pungkasnya.

Leader The Jupiter Letkol Pnb HM Kisha Razor bersama members saat persiapan tampil pada event JIAS 2017. (Dok. Pentak Lanud Adisutjipto)

Leader The Jupiter Letkol Pnb HM Kisha Razor, menyampaikan sudah sekian lama di dalam Tim The Jupiters, ini adalah kesempatan pertama untuk dapat bermain di candi prambanan yang merupakan salah satu landmark kebanggaan Indonesia. Merupakan satu kesempatan langka yang pertama terjadi karena ikut ambil bagian di JIAS 17.

“Rasa haru terasa saat melihat foto yang menggambarkan JAT dan candi prambanan dalam satu frame,” paparnya.

Reporter: Kumara

Check Also

Gerindra: Impor Jagung Memang Turun Tapi Malah Impor Gandum Besar-Besaran

Jakarta, sketsindonews – Pernyataan Capres Joko Widodo dalam debat publik kedua kemarin tentang kesuksesannya menurunkan …

Watch Dragon ball super