Home / Artikel / Kapentak: Jabatan Danlanud Adisutjipto Besok diserahterimakan

Kapentak: Jabatan Danlanud Adisutjipto Besok diserahterimakan

Yogyakarta, sketsindonews – Jabatan Komandan Lanud Adisutjipto Rabu besok 14 september 2016 rencananya akan diserahterimakan dari Marsma TNI Imran Baidirus, SE kepada Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga MM. Upacara Serah Terima Jabatan Danlanud akan dipimpin oleh Komandan Kodiklatau yang akan diwakili oleh Wadan Kodiklatau Marsma TNI Trisno Hindradi di Lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto.

Pejabat lama, Marsekal Pertama TNI Imran Baidirus, SE, alumni AAU 1988 tersebut selanjutnya akan mengemban tugas baru sebagai Wakil Asisten Operasi Mabesau Jakarta. Beliau menjabat sebagai Danlanud Adisutjipto selama 1 tahun 4 bulan 14 hari, terhitung mulai 30 April 2015 sampai 25 Agustus 2016.

Kapentak Lanud Adisutjipto Mayor Sus Giyanto menyampaikan bahwa Marsma TNI Imran Baidirus, SE menjabat Komandan Lanud Adsisutjipto dalam kurun waktu yang relatif tidak lama, namun mampu menorehkan prestasi berbagai bidang. Bidang operasi dan pendidikan melahirkan ratusan Penerbang Militer dan Intruktur penerbang serta ratusan Navigator. Bidang infrastruktur telah membangun Jupiter Ops (Tower), Jupiter Air Power Lounge (JAPL), Lapangan Tembak, serta perbaikan berbagai fasilitas baik gedung, wisma dan mess, serta fasilitas lainnya.

Bidang sosial, selain dekat dengan warga Lanud Adisutjipto dan masyarakat luas, beliau sangat dekat dengan jurnalist / awak media, hal ini terlihat sikap welcome-nya Komandan kepada wartawan, dan eksisnya pemberitaan Lanud Adisutjipto di media. Hal ini juga terlihat juga dengan keikutsertaan beliau dan sering mengundang berbagai komunitas seperti Otomotif, Off Road, Komunitas Motor Gede, sepeda ontel, komunitas burung, dan lain lain.

Sedangkan pejabat baru, Marsekal Pertama TNI Ir. Novyan Samyoga, MM. sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional I Jakarta.

Marsekal Pertama TNI , Ir Novyan Samyoga, MM. merupakan lulusan AAU lifting tahun 1989. Beliau lahir 49 tahun yang lalu, tepatnya di Jakarta. Dari pernikahannya dengan Ny Dian Puspita Sari, SE telah dikarunia 3 orang putra yaitu M.I Goldi Prayoga, Fadilah Adinda Larasati dan M. Akbar Wirayoga Atmaja. Dalam perjalanan karier jabatan, Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga telah menempati jabatan strategis diantaranya Perwira Gubernur AAU (1989-1990), Perwira Anggota Koharmatau 1991-1996), Perwira Penerbang Skadron Udara 12 Lanud Pekanbaru (1996-1999), Perwira Penerbang Skadud 1 Lanud Supadio (1999-2000) Kasiopslat Disops Lanud Supadio (2000-2002), Karuops Lanud Supadio (2002) Kadisops Skadud 15 IWY (2002-2003), Kadislambangja Disops IWY (2003-2005), Danskadud 15 Wing 3 IWY (2005-2006), Pabandyalatma dan Pabandyaasrosip Srenaau (2006-2008), Kadispers Lanud Adisutjipto (2008-2009), Adc Wapres Setmilpres Kepresidenan (2009-2012), Danlanud Supadio (2012-2014), Kadisfaskonau (2014-2015), Pangkosek Hanudnas I, (2015-2016).

Beliau telah banyak mengenyam pendidikan baik di dalam negeri maupun luar negeri, pendidikan dalam negeri : Sekbang (1986), Sekkau 65 (1999), SIP TNI AU (2002), Instruktur Penerbang Pesawat Hawk MK-53 (2007). Sedang pendidikan di luar negeri : College Interarmes De Defence, Perancis / Sesko Angkatan 11(2004), Maritime Air Surveillance Course di Australia (1998), Peace Support Operation Instruktur Course (2007), Defence Management Seminar di Australia (2008). Beliau juga tercatat sebagai alumni Tehnik Aeronautika ITB Bandung (2004)
[13/9 15.24] Kapentak AU: Apel Luar Biasa, Akhiri Masa Jabatan Danlanud Adisutjipto

Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Imran Baidirus, SE memimpin apel luar biasa kepada seluruh anggota Lanud Adisutjipto di Lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto, Selasa (13/9). Apel Luar Biasa dilaksanakan dalam rangka serah terima Jabatan Komandan Lanud Adisutjipto.

Komandan menyampaikan pergantian pimpinan akan senantiasa terjadi, seirama dengan dinamika perubahan yang memerlukan perhatian, kewaspadaan dan kecermatan analisa agar kita tidak terlambat mengantisipasi serta terlambat bertindak dengan tepat dan benar sesuai dengan perkembangan lingkungan yang ada. Namun demikian, satu hal yang tidak boleh berubah, yaitu identitas dan jati diri kita sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional, tidak boleh dan tidak akan pernah berubah sampai kapanpun.

Lebih lanjut Komandan juga menyampaikan terimakasih atas keberhasilan Lanud Adisutjipto dalam pelaksanaan tugas. Hal ini tentunya berkat prajurit dan PNS yang telah menunjukkan soliditas, solidaritas, kesungguhan, kesabaran, ketabahan, dan tetap tegar dalam melaksanakan tugas, sesuai dengan strata dan bidang tugasnya masing-masing. Demikian pula dengan dedikasi yang dilandasi disiplin dan semangat yang tinggi, telah ditunjukkan oleh seluruh personel Lanud Adi Sutjipto dalam melaksanakan setiap embanan tugas.

Setelah Apel Luar Biasa dilaksanakan Exit Briefing pada seluruh Pejabat dan Pamen Lanud Adisutjipto bertempat di ruang rapat Komandan Lanud Adisutjipto. Dalam arahannya Komandan menyampaikan beberapa hal yaitu pertama, waktu yang berjalan relatif tidal lama selama beliau memimpin Namun mampu memberikan kontribusi yang positif pada keberlangsungan sistem organisasi. Bekerja secara sistem, diwarnai dengan suasana kerja yang nyaman dan enak, pasti akan menghasilkan hal yang positif, harus ada sinergitas antar satuan dengan satu sistem yang terkendali dengan baik.

Komandan yakin bahwa keberhasilan beliau selama memimpin Lanud Adisutjipto karena didukung oleh staff dan personel Lanud Adisutjipto, mereka adalah orang-orang yang mempunyai komitmen dan integritas, harapannya pada saat Komandan baru dapat dipertahankan, bahkan ditingkatkan.

Lanud Adisutjipto merupakan Lanud dengan tingkat resiko operasional paling tinggi. Selain adanya keberadaan siswa sekbang dan SIP juga adanya penerbangan Sipil yang cukup tinggi intensitasnya. Begitu pula dengan kegiatan protokoler baik yang berskala nasional maupun Internasional. Jangan pernah lengah dalam menjalani rutinitas pekerjaan. Harus ada innovasi dan penyegaran agar tetap mencapai hasil yang maksimal sesuaikan dengan rentang kontrol pada tiap satuan.

Terakhir Komandan menekankan “Selalu bekerja dengan hati dan jaga trust atau kepercayaan dengan pimpinan. Perbaiki Sikap Mental yang baik serta selalu selaraskan ucapan dan tindakan dalam setiap tugas pengabdian kepada negara dan bangsa”, pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Komandan Wingdikterbang Kolonel Pnb Bonang Bayuaji Gautama, Para Kadis Lanud Adiutjipto, Para Komandan satuan, seluruh Instruktur Penerbang serta segenap Pamen Lanud Adisutipto. (Kumara)

Check Also

Kalahkan Kejahatan Dengan Kasih Tuhan

Roma 12: 9-21 Renungan, sketsindonews – Kasih ini mesti dimulai dari dalam dulu, karena, tidak …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Watch Dragon ball super