Home / Hukum dan Kriminal / Kejagung Tindak 110 Laporan Mafia Tanah, Diduga Oknum Jaksa Ada Yang Terlibat

Kejagung Tindak 110 Laporan Mafia Tanah, Diduga Oknum Jaksa Ada Yang Terlibat

Jakarta, sketsindonews – Jaksa Agung Muda bidang Intelijen Kejaksaan Agung (Kejagung) Amir Yanto mengatakan, total kasus mafia tanah yang diterima Kejagung dari masyarkat mencapai 394 laporan sampai hari ini, Rabu (19/1/22).

Ia merinci, dari 394 laporan, 110 sudah ditindaklanjuti sementara sisanya 284 laporan masih ditelaah.

“Beberapa perkara tindak pidana mafia tanah yang sudah ditangani antara lain kasus mafia tanah pembangunan lapangan terbang di wilayah Buleleng, Bali. Selanjutnya kasus mafia tanah di Tapanuli Selatan yang diduga melibatkan oknum Jaksa di wilayah tersebut. Karena diduga ada oknum Jaksa yang ikut main di situ, jadi kami teruskan ke JAMwas” ucap Amir kepada wartawan di Kejagung, Jakarta.

Sejauh ini, kasus mafia tanah yang sudah masuk tahap penyelidikan ada dua perkara yaitu terkait tanah Pemerintah Daerah di Kendari Sulawesi Tenggara dan sudah ditetapkan tiga orang tersangka.

“Kemudian satu kasus di Sumatera Utara dan satu di wilayah DKI Jakarta. Sehingga ada tiga perkara mafia tanah yang masuk tahap penyidikan,” tandas Amir.

Jaksa Agung telah mengeluarkan Surat Edaran Jaksa Agung Nomor 16 Tahun 2021 tentang Pemberantsan Mafia Tanah dan Surat Edara Jaksa Agung Nomor 17 Tahun 2021 tentang Pemberantasan Mafia Pelabuhan dan Bandar Udara.

Kedua surat itu menjadi bekal bagi para Jaksa Agung Muda untuk menuntaskan perkara yang selama ini meresahkan masyarakat.

“Segera laksanakan perintah saya tersebut dan saya tunggu laporan baik atas kinerja dari saudara. Kehadiran para mafia tersebut telah meresahkan masyarakat dan mengganggu roda perekonomian negara, bahkan berpotensi terjadinya tindak pidana korupsi yang dapat kerugian perekonomian.

Oleh karena itu, saya minta kepada pada Jaksa Agung Muda untuk merapatkan barisan dan lakukan akselerasi pemberantasan para mafia tersebut. Ambil sikap tegas, tanpa kompromi, dan sikat habis para mafia tersebut,” jelas Jaksa Agung. (Fanss)

Check Also

Tertipu Investasi, Gasni Berharap Laporannya Segera Ditangani

Jakarta, sketsindonews – Sehy Moh Gasni berharap dugaan penipuan yang dilaporkan ke Polsek Cilincing pada …

Watch Dragon ball super