Home / Berita / Lanud Adisutjipto, Resmikan Bangunan Jupiter Ops

Lanud Adisutjipto, Resmikan Bangunan Jupiter Ops

Yogyakarta, sketsindonews – Hari ini tanggal 5 September 2016 merupakan hari yang bersejarah bagi Wing Pendidikan terbang Lanud Adisutjipto, karena pada hari ini telah dilaksanakan peresmian bangunan Jupiter Ops yang baru bagi satuan TNI AU yang melaksanakan tugas mencetak elang – elang bangsa ini oleh Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Agus Supriyatna.

IMG-20160905-WA0119

Menurut Agus, Fasilitas ini sangat istimewa bagi Instruktur dan Siswa sekolah penerbang, selain desain interior yang cozy dan futuristik, fasilitas ini juga di support oleh beberapa peralatan canggih seperti monitor FTMS ( Flight training Monitoring System) dengan layar Ukuran 2 X 3 meter menyajikan tampilan real time pesawat pesawat yang terbang di sekitar aerodrome Adisutjipto, tidak hanya pesawat militer namun seluruh pesawat terbang yang dilengkapi transponder mode S dapat tertangkap dengan jelas di layar ini.

“Alat ini menampilkan seluruh data pesawat mulai dari call sign, tail number, ketinggian, kecepatan dan heading pesawat,” paparnya.

Dijelaskan juga bahwa tower baru ini tidak menggantikan fungsi tower ATC yang mengontrol penerbangan di Adisutjipto selama ini namun lebih pada minitoring penerbangan training Wing pendidikan terbang sehingga diharapkan efektifitas penerbangan dan tingkat keamanan serta keselamatan terbang dapat meningkat.

Seiring dengan perkembangan teknologi penerbangan yang semakin pesat, Wingdik Terbang sudah sepatutnya mentransformasi diri, pembangunan fasilitas ini merupakan salah satu langkah menuju perubahan ini.

“Dengan adanya fasilitas ini moril dan kebanggaan para instruktur penerbang dan siswa sekolah peberbang menjadi meningkat,” harapnya. (Kumara)

Check Also

Bawaslu Harus Cermati Reuni Aksi Persaudaraan 212 Yang Akan di Gelar di Monas

Jakarta, sketsindonews – Alumno 212 akan kembali menggelar aksi yangvrencananya akan menggelar di lapangan Monas …

Watch Dragon ball super