Home / Traveling / Seniman / Made Dyah Agustina, Hadapi Tantangan Global Dengan Seni

Made Dyah Agustina, Hadapi Tantangan Global Dengan Seni

Yogyakarta, sketsindonews – Miliki 3 sanggar tari yakni Sanggar Tari Anak Tembi, Sanggar Tari Dharma Rini, dan Artha Dance Company, Made Dyah Agustina menceritakan bahwa mulai menggeluti dunia Seni tari sejak 2007.

Baca: Seni Tari Made Dyah Agustina

Dengan ramah ia tidak menolak saat tim sketsindonews.com mengatakan bahwa sanggarnya adalah Sanggar Tari Yogyakarta.

“Boleh pak, sanggar tari Yogyakarta itu gabungan dari ketiga sanggar punya saya,” jawabnya.

Dalam perjalanan karirnya, Dia menceritakan bahwa pada tahun 2009, seni tari tersebut sudah membawanya hingga ke luar negeri. Serta jenis tari yang paling di gemari adalah tari tradisi kontemporer.

“Pokoknya semua tari tradisi dari Jawa dan Bali,” ungkapnya.

Saat ditanyakan terkait keinginannya mendidik banyak anak di Yogyakarta dan telah berhenti menari, diungkapkan bahwa saat ini dia mempunyai tujuan ingin mengumpulkan dan mendidik generasi muda agar tetap cinta terhadap kesenian dan terus melestarikan budaya.

“Sehingga bekal kesenian yang mereka punya dapat menjadi filter dalam menghadapi tantangan global, Makanya saya membuka sanggar tari banyak dan tidak mematok harga mahal agar para penerus generasi muda yang berasal dari kalangan tidak mampu dapat menikmati pesta seni,” ujarnya.

Lebih jauh diungkapkan bahwa bagi ibu anak satu tersebut mendidik anak yang tidak bisa sama sekali menari menjadi bisa menari itu merupakan tantangan.

Made Dyah Agustina mengajari anak-anak menari
Made Dyah Agustina mengajari anak-anak menari

“Karena tujuan kita sebagai pendidik bisa dikatakan sukses apabila bisa mencetak anak didik yang dari nol menjadi berisi,” tutup Made Dyah Agustina. (Kumara)

Check Also

Mengulik Ikon Budaya Betawi

sketsindonews – Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak ragam suku dan budaya. Setiap pulau memiliki …

Watch Dragon ball super