Home / Artikel / Nasib OTD Di Sukamenak Menyedihkan, Menjadi Pemulung Rongsokan
My beautiful picture

Nasib OTD Di Sukamenak Menyedihkan, Menjadi Pemulung Rongsokan

Sumedang, sketsindonews – Orang Terkena Dampak (OTD) Waduk Jatigede di Kampung Munjul Rt.03/02 Blok Cibatok Desa Sukamenak Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang Jawa Barat, kini nasibnya menyedihkan menjadi pemulung barang bekas (rongsokan) untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Hal tersebut terpaksa, karena kampung halamannya sudah terendam air Waduk Jatigede dan sekarang sebagian OTD pindah ke wilayah yang tidak kena genangan seperti di Desa Sukamenak.

OTD tersebut sebelumnya menjadi petani padi untuk biaya hidup sehari-harinya dengan penghasilan yang cukup, tetapi setelah tergenang air Waduk Jatigede nasibnya berubah malah menjadi pemulung barang bekas dengan penghasilan yang kurang, karena tidak punya pekerjaan lagi yang lainnya dan sawahpun tidak mampuh di beli lagi, karena hanya diberi uang kerohiman 29 juta per Kepala Keluarga (KK) oleh Pemerintah. Sedangkan ganti ruginya sudah dua puluh tahun yang lalu walaupun tidak sebanding dengan harga untuk beli lagi.

“saya terpaksa mencari rongsokan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, karena tidak ada pekerjaan lagi, tadinya saya sebelum pindah kesini menjadi petani dengan penghasilan yang cukup, sekarang penghasilan sangat serba kekurangan menjadi pemulung,” kata salah seorang warga Sukamenak yang tidak mau disebutkan namanya kepada Wartawan, Rabu (9/11/2016).

Warga OTD yang berada di Desa Sukamenak kurang lebih lima ratus KK tidak semuanya menjadi pemulung rongsokan tetapi sebagian warga saja yang menjadi pemulung, OTD berharap kepada pihak Pemerintah agar bisa memberikan bantuan setiap bulannya atau memberikan pekerjaan supaya punya penghasilan yang cukup.

“Saya berharap kepada pihak Pemerintah agar bisa memberikan bantuan setiap bulannya seperti bantuan sembako atau pakaian dan bisa memberikan pekerjaan yang layak atau penghasilannya yang cukup,” tandasnya. (Taryat)

Check Also

Peluru Nyasar “Latihan Nembak” Nyaris Mengenai Staff Ahli Anggota DPR RI

Jakarta, sketsindonews – Peristiwa peluru nyasar ke Gedung DPR diruang Wenny Warouw Anggota Komisi III …

Watch Dragon ball super