Home / Artikel / Nelayan Kep 1000 Dapatkan Licensi Sertifikat Kelayakan Kapal Untuk Melaut

Nelayan Kep 1000 Dapatkan Licensi Sertifikat Kelayakan Kapal Untuk Melaut

Jakarta, sketsindonews – KSOP (Kantor Syah Bandar Operational Pelabuhan) Kementerian Perhubungan Laut akhirnya merealisasikan pemberian PAS kecil PAS besar kepada nelayan Kepulauan Seribu dalam pemberian simbolis yang di saksikan langsung Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad di Kantor Bupati Kepulauan Pramuka.

Menurut Bupati Husein Murad mengatakan, persoalan licensi kapal dan kelayakan bagi kapal nelayan dalam melakukan operasi sebagai hal pokok dimiliki nelayan telah lama tertunda sekitar tahun.

pemberian.sertifikat.kapal.kep1000.doc

Namun kini sudah dapat kami selesaikan kepemilikan lisensi warga Kepulauan Seribu, dari jumlah Kapal yang diukur berjumlah 847 unit dengan periksaan tonase mesin dalam dua katagori pas besar dan pas kecil yang dilakukan pihak KSOP, ucapnya. (17/1)

Jumlah yang sudah di terbitkan 741 unit Kapal dan yang belum diterbitkan 106, sementara 28 Kapal masih dalam proses pengurusan. Kegiatan ini dilakukan pelaksanaan di Gerai I pada tanggal 21-18 bagi pulau Pramuka dan pulau Panggang. Di Gerai II pada tanggal 10 – 15 Desember 2018 meliputi pada tanggal 10 – 15 Desember 2018 antara lain pulau Harapan, pulau Kelapa, Tidung, Payung, Pramuka, Panggang, Pari, Lancang dan Untung Jawa.

Sambung Murad, dengan adanya licensi (sertifikat) kapal tentunya akan menjamin operasi kapal nelayan Kepulauan Seribu untuk memenuhi standarisasi kapal melaut bagi warga nelayan untuk berlabuh sehingga bisa menjamin keselamatan dari ancaman di laut, terang Murad.

Di tempat yang sama Sutopo Kabag Tata Usaha Dirjen Kementerian Perhubungan Laut menambahkan, pemberian PAS Kecil atau sertifikat (BPKB) pemberian di peruntukan bagi kapal berukuran kecil dengan hitungan bobot jenis mesin kurang dari 7GT, sementara diatas 7 GT masuk katagori PAS Besar.

Kami lakukan kelengkapan secara online melalui pengisian formulir yang di pandu oleh petugas kami bagi para nelayan, katanya.

Program ini akan terus berlanjut bagi warga Kepulauan Seribu yang nantinya melaksanakan dan mengeluarkan Surat SKKP (Surat Keterampilan Kecakapan Pelaut) sebagai cara mereka nelayan mampu untuk lebih meningkatkan SDM dan tingkat antisipasi dalam profesi nelayan, tutup Sutopo.

reporter : nanorame

Check Also

Festival Olahraga Rakyat Laksanakan Pembinaan Potensi Lokal

Celotebangnano, Sketsindonews – Suku Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Jakarta Jakarta melalui Kasi Olahraga …

Watch Dragon ball super