Home / Apa Kata Mereka / Pendidikan Jadi Isu Yang Diperhatikan sketsindo

Pendidikan Jadi Isu Yang Diperhatikan sketsindo

Testimoni – Pers sering disebut sebagai pilar keempat demokrasi setelah eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

Walaupun berada di luar sistem politik formal, keberadaan pers memiliki posisi strategis dalam informasi massa, pendidikan kepada publik sekaligus menjadi alat kontrol sosial.

Karenanya, kebebasan pers menjadi salah satu tolak ukur kualitas demokrasi di sebuah negara.

Dalam iklim kebebasan pers, dapat dikatakan bahwa pers bahkan mempunyai peran lebih kuat dari ketiga pilar demokrasi lain yang berpotensi melakukan abuse of power.

Demokrasi akan berkembang dengan baik jika pers juga berkembang dengan baik. Karena itu pers harus menjaga hati nurani untuk menjaga keberlangsungan demokrasi.

Politik sekarang bergantung terhadap media opinion, yang mana media menjadi tulang punggung mereka memainkan isu, tak jarang suara media dapat dibeli oleh para politisi untuk memainkan isu.

Sejauh saya membaca Sketsindonews, tidak ada penggiringan opini, justru yang dikabarkan adalah fakta-fakta lapangan yang komprehensif.

Dalam satu kolom berita, terdapat editorial mengenai pendidikan, saya sebagai tenaga pendidik cukup merasa pendidikan jadi isu yang diperhatikan oleh sketsindonews, walaupun untuk saat ini isu pendidikan tidak akan menjual laman berita, tetapi editorial tersebut menjadi perhatian sketksindonews.

Harapan saya kedepan sketsindonews membuat laman editorial terkait terhadap Kelompok Minoritas dan Rentan, terutama perempuan sebagai korban dalam kehidupan masyarakat, bahwa harus juga dikedepankan berita mengenai pemberdayaan dan penguatan terhadap nilai-nilai keadilan gender, sehingga sketsindonews menjadi portal tidak untuk mayoritas tetapi juga kelompok minoritas terutama yang rentan.

Selamat ulang tahun sketsindonews kedua, semoga menjadi pilar demokrasi yang menjaga perdamaian, terutama menjadi pelindung Kelompok Minoritas dan Rentan.

“Dengan surat kabar, kadang-kadang muncul kericuhan, tapi tanpa surat kabar akan selalu muncul penindasan” Benjamin Constant

Jakarta 10 Mei 2018
Olivia Febriyana Anggraini SE.,MMSI.
Pengajar dan Juga Aktifis Kelompok Minoritas dan Rentan

Check Also

Tak Kenal Maka Tak Sayang, “Si Kumis Gimbal Ferry Iswan Maju Senator Pluralism Bukan Golongan”.

Jakarta, sketsindonews – Sosok Fery Iswan, SH.MH sudah tak asing aktivis yang menggeluti berbagai organisasi …

Watch Dragon ball super