Home / Berita / Pengadilan Negeri Jakarta Timur Adopsi Konsep Amerika
Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Nawawi Pamolango mengunakan safari hitam bersama salah satu staf pengadilan saat monitoring di tempat parkir motor pengadilan, senin (15/5). (Dok. sketsindonews.com)

Pengadilan Negeri Jakarta Timur Adopsi Konsep Amerika

Jakarta, sketsindonews – Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Timur), Nawawi Pamolango menungkapkan bahwa lokasi strategis menjadikan pengadilan yang dipimpinnya sering ditetapkan untuk menjalankan sidang kasus teroris.

“Sebenarnya kasus teroris itu di Jakarta Barat (Pengadilan Negeri Jakarta Barat, red), tapi ini ditunjuk Mahkamah Agung yang diminta langsung oleh BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Teroris),” jelas Nawawi di PN Timur, Jl. Dr Sumarno, Jakarta Timur, Senin (15/5).

Nawawi yang saat itu sedang melakukan monitoring dan berbincang-bincang dengan pengunjung Pengadilan menjelaskan bahwa pertimbangan penetapan tersebut, karena akses pengadilan yang dekat dengan jalan tol dan lebih aman.

“Pengadilan Barat memang bagus, dekat Tol juga, tapi disana Macet, dekat dengan POM bensin,” jelasnya.

Selain itu, menurutnya luasnya PN Timur juga jadi pertimbangan. Namun mengingat PN Timur tidak dikondisikan seperti di PN Barat, Nawawi mengaku harus ekstra berhati-hati dan menutup banyak akses masuk ke ruang pengadilan.

“Kalau di Barat itu ruang teroris sudah ada, bantuan dari Amerika,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, dia menceritakan pengalamannya berkunjung di Pengadilan Amerika. “Di Amerika untuk masuk pengadilan tidak ada yang tersisa di badan, lebih-lebih dari Bandara,” ungkapnya.

Dia menjelaskan bahwa untuk masuk Pengadilan saat Di Amerika, setiap pengunjung hanya bisa memasuki ruangan yang dituju. “Kalau kita mau ke salah satu ruangan maka kita hanya bisa kesitu, tidak bisa akses kemana-mana,” ucapnya menceritakan pengalamannya.

“Semua termonitor jika kita mau ke mana maka kita hanya bisa ke tujuan tersebut
Tidak bisa ke mana-mana,” tambahnya, dengan mengungkapkan bahwa apa yang ditemui di Amerika, yang akan dia terapkan di PN Timur.

Dalam pantauan sketsindonews.com, saat ini banyak akses masuk pengadilan yang ditutup dan setiap akses masuk di perketat penjagaannya. Selain itu untuk informasi kepada pengunjung ditambahkan juga monitor atau LCD yang menampilkan informasi terkait sidang. (Eky)

Check Also

“Dilaporkan”, Anak Sekolah Teriak 2019 Ganti Presiden

Jakarta, sketsindonews – Direktorat Hukum & Advokasi TKN Jokowi-KH. Ma’ruf Amin tanggapi serius adanya pelibatan …

Watch Dragon ball super