Home / Berita / Pengamat: Copotnya Archanda Tahar, Keputusannya Batal Demi Hukum

Pengamat: Copotnya Archanda Tahar, Keputusannya Batal Demi Hukum

Jakarta, sketsindonews – Dengan di copotnya Menteri ESDM Archanda Tahar oleh Presiden Jokowi perlu ada review kebijakan yang semula bisa menimbulkan penafsiran hukum bahkan sengketa.

Ahli Hukum Pidana dari Universitas Trisakti Jakarta, Abdul Fickar Hadjar ketika diminta pendapatnya mengatakan, keputusan-keputusan yang ditandatangani oleh Mantan Menteri ESDM Arcandra Tahar perlu di-review atau diulang. Pasalnya, pengangkatan beliau tidak sah karena bukan warga negara Indonesia.

“Kalau pengangkatannya tidak sah, maka keputusan tidak sah. Tidak sah, karena menteri (Arcandra) bukan WNI,” ujarnya, di Jakarta, selasa (16/8).

“Sebenarnya Arcandra tidak perlu dibatalkan jadi menteri karena sudah batal dengan sendirinya. Pemberhentian oleh Presiden Jokowi itu hanya formalitas penegasan. Sebagai konsekuensinya maka semua keputusan yang dihasilkan oleh seorang menteri yang batal demi hukum, maka keputusannya batal demi hukum, karena diputuskan oleh orang yang tidak berwenang,” terangnya.

Namun, secara hukum tata negara, kata dia ada asas depolusi yaitu jika sebuah keputusan berdasarkan atas kepentingan umum yang lebih besar dan lebih banyak manfaatnya dan diterima oleh publik, maka keputusan itu dianggap sah.

Lebih lanjut, Abdul mengatakan jika ada yang merasa dirugikan dengan keputusan Arcandra selama menjadi menteri, maka hal tersebut merupakan hak penggugat.

Gugatan, kata dia merupakan hak mereka yang merasa dirugikan oleh sebuah keputusan dalam sebuah proses hukum di pengadilan. (Nr)

Check Also

Ada Konten Membahayakan, Ketua DPD RI Minta Pemerintah Tegur TikTok

Bangkalan, sketsindonews -Aksi tawuran sekelompok anak di bawah umur yang terjadi di Surabaya, Jawa Timur …

Watch Dragon ball super