Home / Artikel / PKL Sekolah Harus Ada Label Hyginies, Berbahaya Konsumsi Anak

PKL Sekolah Harus Ada Label Hyginies, Berbahaya Konsumsi Anak

Jakarta,sketsindonews – Makanan jajan anak sekolah di berbagai SD di Jakarta Pusat sungguh memprihatinkan tidak adanya label hyginies bagi tumbuh perkembangan anak.

Banyak pintu sekolah munculnya penjual makanan (PKL) di berbagai tempat sekolah sudah tak terkendali, bahkan pembiaran bagi anak mengkonsumsinya untuk jajan.

Kasudin Kesehatan Kota Jakarta Pusat Drg.Yudita Indah saat di temui sketsindonews.com mengatakan, Sudin Kesehatan selalu concern dalam menyikapi Kesehatan anak. Rencananya kami akan lakukan koordinasi dengan pihak Dirjen Makanan dan Obatan (BPOM) dan pihak Sudin Dikdas, dalam menyikapi makanan halal atau hyginies jajan sekolah, paparnya. (15-11-2016)

“Miris, kalo kita melihat banyak nya jajan yang di jual di luar sekolah (pintu sekolah) apa yang di jual PKL.”

Kami coba akan tertibkan, bagaimana tekhnisnya nanti bersama pihak terkait, ataukah ada sticker atau apa bentuknya, ujar Yudati.

Sementara Kasudin Dikdas Cabang Jakarta I Sudjadiono mengakui, pihaknya akan turut berkoordinasi ihwal jajan anak disekolah, ucapnya.

Sudin pendidikan terus melakukan koordinasi kepada Dirjen BPOM termasuk sosialisasinya, model sekolah jajanan seharusnya mempunyai predikat makanan sehat.

“Kami sudah lakukan hal itu pada sekolah SD 02 Menteng waktu kami masih menjadi kepala sekolah setempat, itu menjadi pilot proyek jajan (kantin) sehat,”

Pelatihan Kepala Sekolah, guru UKS untuk memgkondisikan jajanan, didalam sekolah.

Dia menambahkan, dalam rakorwil tingkat kota nantinya kami akan bahas. Namun perihal jajanan diluar sekolah (pagar) itu bukan menjadi tanggung jawab kami, katanya.

“Sebaiknya penanganan ini harus komprehensif, pimpinan wilayah Lurah Camat juga harus menata jajan anak yang keberadaannya di luar internal sekolah.

Dipihak lain Seko Jakarta Pusat H.Zaenal berpendapat, sebaiknya pembinaan PKL tetap di berlakukan menjadi domain Sudin UMKM di sekolah untuk dibina.

Keterkaitan ini sangat penting, dalam formatnya nanti, bagaimana PKL di luar sekolah selain juga punya waktu berjalan, tapi harus syarat kesehatan yang memenuhi standard sehat dan hyginies, pungkasnya. (Nr)

Check Also

Security Pos Warga Kelurahan Kebon Kosong

Jakarta, sketsindonews – Security Pos Warga Kebon Kosong Kecanatan Kemayoran lakukan pengamanan terpadu Ramadhan 1439 …

Watch Dragon ball super