Home / Artikel / RPTRA Community Centre Membangun Pemberdayaan Lokal Lingkungan

RPTRA Community Centre Membangun Pemberdayaan Lokal Lingkungan

Jakarta, sketsindonews – Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Kota Jakarta Pusat, Fetty Fatimah dalam kunjungan pembangunan RPTRA Cempaka Putih Timur, Sabtu (15/10) yang di dampingi Lurah CPT Sri Atmo menyatakan, bahwa sudah di Jakarta Pusat sudah ada 13 RPTRA yang dibangun tahun 2015 oleh CSR.

“Tahun 2016 ini dibangun dengan APBD sebanyak 15 lokasi dan salah satu nya adalah RPTRA kampung benda di kelurahan cempaka putih timu, yang rencana akan diresmikan dan di tanda tanganin prasasti nya bersama 9 RPTRA lainnya yang dibangun lewat APBD oleh gubernur DKI Jakarta di taman kaliandra kelurahan Bambu Apus, Jakarta Timur,” paparnya.

Dijelaskan juga bahwa RPTRA adalah salah satu “Community Centre” dalam menciptakan dan membangun anak bangsa, khususnya peran anak usia dini (golden ages) dalam proses tumbuh kembangkan secara utuh (non diskriminatif) sesuai dengan haknya.

Dalam capaian cakupan maksimalisasi pengembangan pengelolaan RPTRA, kata Fetty. Selain proses recruitmenisasi tata kelola, di imbangi dengan LGD (Leader Grup Discussion) dalam mendukung profesionalisme pengelolaan SDM.

“Pendaftar calon pengelola sekarang meningkat dibanding tahun sebelumnya yaitu sebanyak 572 orang, dimana kriteria pelamar salah satu nya adalah berpendidikan SLTA akan, akan tetapi yang mendaftar juga ada yang Sarjana atau S1,” ungkapnya.

Untuk itu, RPTRA menurutnya menjadi bagian solusi profesi baru pengabdian pekerjaan di masyarakat di masa mendatang.

Sementara penggiat RPTRA Dody sekaligus Ketua LMK Keluarahan Pegangsaan mengharapkan agar jangan RPTRA hanya pada batasan analogi Taman. “Padahal konteks RPTRA sesungguhnya merupakan solusi pemberdayaan penataan lingkungan yang bisa di kembangkan dalam metode nilai bahkan solusi sosial kesejahteraan di masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, Ini pekerjaan rumah pemerintah Pemprov DKI Jakarta dalam membuat konsep RPTRA yang lebih mengarah pada penyelesaian konteks sosial, kesehatan. “Bahkan peningkatan lingkungan secara physiologis,” tutupnya. (Nr)

Check Also

Kalahkan Kejahatan Dengan Kasih Tuhan

Roma 12: 9-21 Renungan, sketsindonews – Kasih ini mesti dimulai dari dalam dulu, karena, tidak …

Watch Dragon ball super