Home / Artikel / Rumah Pompa dan Saluran Penggelontoran Saling Terkait Atasi Lingkungan Warga

Rumah Pompa dan Saluran Penggelontoran Saling Terkait Atasi Lingkungan Warga

Jakarta, sketsindonews – Kebersihan lingkungan terhadap problem sampah menjadi sangat penting dalam antisipasi dari genangan dan banjir jika terjadi hujan lebat dan faktor debet air air yang tinggi.

Sudin Sumber Daya Air (SDA) sebagai pendukung terhadap rawan banjir dan lingkungan terus melakukam pengawasan dan perawatan rumah pompa air (stasioner) agar bekerja secara maksimal.

Kasudin SDA Kota Jakarta Pusat Dhiki Suherlan menyatakan, rumah pompa di Jakarta Pusat pengawasan pemeliharaan ada 16 titik rumah pompa, yang terbanyak ada di Kecamatan Sawah Besar sebanyak 7 unit rumah pompa, tukas Dhiki saat meninjau rumah pompa Kartini V Sawah Besar. (2/2)

rumah pompa kartini. doc

Seperti rumah pompa Kartini ini ada 3 unit pompa air yang selama ini bekerja yang terus kita awasi. Kapasitas pompa air cakupan debet air 1500 M/det dan dua pompa lagi masing – masing kapasitas yang sama dengan cakupan debet air 500 M/det.

Sambung Dhiki, pengawawan pompa itu harus sesuai SOP (Standart Operasional Prosedure)  dalam penjagaan dengan memakai sistem shift baik penjagaan, pengawasan dan tanggung jawab 2 orang dari 6 personil yang ditugaskan.

Namun tak menutup kemungkinan dalam kondisi ekstrem kami terjunkan seluruh petugas tim SDA dalam kerja maksimalkan fungsi pompa air yang langsung ditangani oleh Edi Saputra sebagai pengawas rumah pompa Kartini.

“Cakupan 3 rumah pompa di wilayah Kartini disesuaikan dengan “catchment area” wilayah Kartini Dalam dan Kartini sekitarnya dalam kerja memaksimalkan saluran penggelontoran menuju rumah pompa.”

Untuk diketahui rumah pompa juga bisa tidak maksimal, kata Dhiki.

Karena keterkaitan beberapa faktor
saluran penggolontoran menuju rumah pompa mengalami kendala, terutama akibat adanya inrit warga yang dibangun warga yang tidak disiplin, sampah saluran bahkan ganguan utilitas kabel PAM (Perusahaan Air Minum) seharusnya ini bisa menanggulangi dalam mendukung percepatan mesin pompa bekerja.

Sementara Satpel SDA Kecamatan Sawah Besar Nanang menjelaskan, rencananya dalam antisipasi dari kendala serta hambatan pihak SDA Jakarta Pusat secara terintegrasi akan menormalisasi saluran kawasan wilayah Kartini yang terkait memperlancarkan fungsi pompa air (stasioner), kata Nanang.

reporter : nanorame

 

 

Check Also

Kejari Jaktim Musnahkan BB, Dari Senpi Dokter Helmi Hingga Narkotika Dawiyah

Jakarta, sketsindonews – Kepala Seksi Barang bukti (Kasie BB), Joseph Cristian melakukan pemusnahan barang hasil …

Watch Dragon ball super