Home / Artikel / Simulasi dan Pelatihan Bencana di SLB Negeri 1 Bantul

Simulasi dan Pelatihan Bencana di SLB Negeri 1 Bantul

Bantul, sketsindonews – Jum’at 14 Oktober 2016, pukul 08.00 sirene dan bunyi gemuruh bersautan di halaman Sekolah Luar Biasa (Pendidikan Untuk Anak Anak Difabel/Berkebutuhan Khusus).

Ranting ranting pohon berjatuhan, patah, Atap berterbangan, angin kencang bertiup menerbangkan berbagai macam barang barang.
Anak anak dan guru berlarian menyelamatkan diri, banyak berjatuhan korban yang tertimpa pohon-pohon.

Termasuk diantaranya beberapa siswa/i penyandang disabilitas fisik (tuna daksa) yang berkursi roda.

Tak berlangsung lama, guru-guru dan karyawan SLB langsung melakukan aksi tanggap bencana. Semua karyawan turun tangan menyelamatkan dan mengevakuasi korban-korban bencana angin puting beliung.

Itulah gambaran dari simulasi penanganan dan antisipasi bencana angin puting beliung yang dilaksanakan SLB Negri 1 Bantul, Jogjakarta bekerjasama dengan BPBD Bantul.

Diwawancarai di lokasi, Lisa Listyowati (39) salah satu panitia dari staf Resourches Centre SLB Negri mengatakan, acara seperti ini rutin digelar untuk meningkatkan rasa kewaspadaan siswa/i dan guru guru serta seluruh staf SLB negri Bantul.

Rina (34) salah seorang Orang tua/wali murid penyandang disabilitas dan beberapa wali murid lainnya menyatakan sangat mengapresiasi apa yang dilakukan SLBN 1 Bantul bekerjasama dengan BPBD Bantul.

“Walaupun anak anak kami memiliki kekurangan fisik tapi anak-anak kami memiliki hak yang sama untuk mendapatkan rasa aman dan nyaman serta hak keselamatan yang sama seperti anak anak normal lainnya” tuturnya bersemangat dengan diamini orang tua lainnya yang berkumpul menyaksikan simulasi ini. (Yudi)

Check Also

Kalahkan Kejahatan Dengan Kasih Tuhan

Roma 12: 9-21 Renungan, sketsindonews – Kasih ini mesti dimulai dari dalam dulu, karena, tidak …

Watch Dragon ball super