Home / Artikel / Warga Jalan Bangau Pembauran Antar Etnis Harmonis

Warga Jalan Bangau Pembauran Antar Etnis Harmonis

Jakarta, skstsindonews – Warga Jalan Bangau I – IX RW 08 Kelurahan Gunung Sahari Selatan (GSS) Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat hampir 80 % warga keturunan Tionghoa (Chines) sejak dulu hingga sekarang mereka berbaur dengan warga asli dan pendatang yang berbanding 70 : 30 yang ratanya mereka berdagang.

Nurjana Ketua RW 08 GSS menyatakan, pembauran yang dilakukan oleh warga selama ini sangat baik sejak dulu sangat harmonis di wilayahnya dari para warganya yang sudah lama tinggal bersama warga pendatang. (26/12)

Namun diketahui kawasan ini masih ada lingkungan kumuh terutama kumuh padat di wilayah RT 01, 02 jalan Bangau Dalam VI dan RT 013 (jalan Bangau I) selebihnya tertata dikelilingi antar dua wilayah Kelurahan Senen dan Kelurahan Bungur.

Tapi mereka saling bantu dalam kegiatan wilayah dalam bergotong royong itulah pembauran yang selama ini kami bangun, termasuk ronda kampung masih tetap berlangsung, jelas Jana.

Dirinya sebenarnya sudah sepuh dalam membangun wilayah tapi karena teritorial wilayah memaksa kami harus tetap menjaga kepercayaan yang multi etnis di tengah kota yang cukup padat.

Dalam menjaga tatanan wilayah keamanan pihaknya hanya menggunakan satu akses jalan Jalan Bangau I – IX dengan membuka satu pintu palang di jalan Bangau V hingga pukul 22.00 WIB hingga tamu bisa terdekteksi dengan baik di wikayahnya.

Tambah Jana, mengenai genangan diakuinya masih menjadi problem saat hujan tinggi tapi kondisi ini lebih baik sejak kawasan jalan di tinggikan air cepat surut, masalahnya kami ini berada di cekungan antara Jalan Gunung Sahari Raya dan Jalan Senen Bungur Raya, pungkasnya.

Solusinya normalisasi saluran menjadi prioritas terutama di jalan Bangau II, III, IV, V dan VI, pasalnya jalan sudah ditinggikan hingga 25 CM dalam cegah genangan kawasan jalan lingkungan oleh Sudin Sumber Daya Air dalam musrembang nantinya, tutup Jana.

reporter : nanorame

 

 

 

 

 

 

 

Check Also

Calon Kuat Peganti Sandiaga, M Taufik Menguat Sebagai Wagub DKI

Jakarta, sketsindonews – Para Aktifis Jakarta telah menduga pertarungan di DPRD DKI peganti Wagub Sandiaga …

Watch Dragon ball super