Back

Media Terpercaya

5 Keuntungan Mengenakan Sepatu Lari yang Tepat Saat Berolahraga

sketsindonews.com – Olahraga lari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita, diantaranya adalah dapat menurunkan berat badan, menstabilkan tekanan darah, dan menguatkan paru-paru. Salah satu faktor yang menunjang olahraga yang kita lakukan adalah mengenakan perlengkapan olahraga yang tepat sesuai dengan olahraga yang kita lakukan. Sepatu lari merupakan salah satu perlengkapan olahraga yang harus dipilih dengan tepat untuk menunjang olahraga yang kita lakukan. Memakai sepatu lari yang tepat saat berolahraga memiliki banyak manfaat bagi kita. Inilah 5 keuntungan mengenakan sepatu lari yang tepat saat berolahraga.

1.     Meningkatkan kestabilan telapak kaki saat lari

Sepatu lari hadir dengan berbagai macam jenis yang dapat disesuaikan dengan jenis telapak kaki kita. Memakai sepatu lari yang tepat dapat menyokong telapak kaki sesuai dengan bentuknya. Terutama bagi yang memiliki jenis telapak kaki yang rata, memakai jenis sepatu lari yang tepat akan meningkatkan kestabilan tubuh saat lari. Hasilnya, olahraga lari akan lebih nyaman dan performanya akan lebih baik dengan sepatu lari yang tepat sesuai dengan bentuk telapak kaki.

2.     Mencegah terjadinya cedera

Mengenakan sepatu lari yang tepat juga akan menurunkan resiko cedera kaki saat berolahraga. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengenakan sepatu lari yang tepat dapat mencegah peradangan pada tendon, peradangan sendi, hingga cedera tulang pergelangan kaki yang dapat terjadi karena hentakan saat lari. Sepatu lari yang tepat juga dapat mencegah terjadinya nyeri pada lutut, pinggang, dan punggung yang dapat disebabkan karena aktivitas lari. Bahkan untuk jenis sepatu lari dengan sol yang sangat tipis atau barefoot shoes, desainnya dirancang sedemikian rupa untuk melindungi kaki dari luka gores atau gesekan dari luar.

3.     Meningkatkan performa saat berolahraga

Anda dapat merasakan performa yang maksimal saat berolahraga dengan memakai sepatu lari yang tepat. Sepatu lari yang tepat akan memberikan dukungan dan kenyamanan pada telapak kaki, dan dapat membuat lari menjadi lebih cepat. Sepatu lari yang tepat tidak hanya terasa ringan atau nyaman di kaki. Sebuah riset membuktikan bahwa hanya dengan memakai sepatu lari yang lebih ringan tidak membuat seorang pelari dapat lari lebih cepat. Tetapi, sepatu lari memang didesain sedemikian rupa untuk dapat menghasilkan energi tolakan yang lebih besar pada telapak kaki saat berlari. Sebuah sepatu lari yang didesain khusus untuk lari cepat terbukti dapat meningkatkan kecepatan lari sebanyak 4 – 5%.

4.     Lebih hemat energi

Memakai sepatu lari yang tepat saat berolahraga akan membuat pemakaian energi kita saat lari menjadi lebih efisien. Sepatu yang lari yang tepat memiliki bantalan pada sol sepatu yang dirancang khusus untuk memberikan energi tolak yang besar. Karena itu, energi yang kita keluarkan untuk lari dan kerja otot yang diperlukan menjadi lebih sedikit. Hal ini juga telah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang membandingkan pemakaian oksigen, detak jantung pelari, yang menunjukkan bahwa pelari yang memakai sepatu lari yang tepat memiliki pemakaian oksigen yang lebih sedikit dan detak jantung yang lebih stabil dibandingkan dengan pelari yang memakai sepatu biasa. Ini menunjukkan bahwa pemakaian energi oleh pelari yang mengenakan sepatu lari yang tepat lebih sedikit jika dibandingkan dengan sepatu biasa dalam perbandingan jarak tempuh dan waktu yang sama.

5.     Lebih nyaman saat berolahraga

Sepatu lari yang tepat memiliki desain yang dirancang khusus untuk menunjang kenyamanan kaki saat lari. Bantalan pada sol sepatu lari dibuat dengan material khusus dan dengan desain yang membuat kaki terasa lebih nyaman saat berolahraga. Material dan desain bantalan pada sol sepatu lari dirancang untuk memberikan kenyamanan pada tumit, telapak, dan jari kaki. Biasanya pada bagian atas sol sepatu lari atau bagian yang bersentuhan langsung dengan telapak kaki dilapisi dengan material yang lembut dari karet sintetik atau dapat juga berlapis busa polyurethane atau busa EVA (ethylene vinyl acetate).

Jadi, mengenakan sepatu lari yang tepat saat berolahraga tentu sangat penting karena memiliki banyak manfaat. Saat Anda memilih sepatu lari, pastikan untuk memilih jenis yang tepat dengan olahraga yang akan Anda lakukan.

(Eky)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.