Home / Berita / Hukuman Mati Pertama Di Pengadilan Negeri Jakarta Timur
Pengadilan Negeri Jakarta Timur (Dok. sketsindonews.com)

Hukuman Mati Pertama Di Pengadilan Negeri Jakarta Timur

Jakarta, sketsindonews – Humas Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Dr. Syafrudim Ainir Rafiek, SH., MH mengatakan bahwa putusan hukuman mati yang dijatuhkan oleh majelis hakim kepada terdakwa dengan kasus narkoba pada Senin 10 April 2017 kemarin, merupakan hukum mati pertama pada tahun 2017 ini.

“Belom tau persis,” jawab Ainir, di ruangannya, Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Jalan Dr Sumarno, Jakarta Timur, Selasa (11/4), saat ditanya apakah sebelumnya ada putusan yang sama dalam kasus narkoba.

Baca juga: Hukuman Mati Kasus Narkoba Di Pengadilan Negeri Jakarta Timur

Terkait putusan dengan hukuman mati, kepada terdakwa yang berperan sebagai kurir, menurutnya semua tergantung fakta persidangan. “Ada kurir yang tau ada kurir yang tidak tau,” ujarnya.

Dia mencontohkan, misalnya ada kurir saat disuruh membawa barang tapi tidak mengetahui isinya, selama itu bisa dibuktikan maka dia bisa dibebaskan.

“Kalau kurir yang sekarang ini tau maka sama halnya dengan penjual dan pembeli,” jelasnya.

Baca juga: Kurir Di Hukum Mati, Kuasa Hukum: Pantasnya Bandar Yang Di Hukum Mati

Disinggung dengan pernyataan kuasa hukum terdakwa pada pemberitaan sebelumnya, yang menyatakan bahwa Bandarnya yang pantas dihukum mati.

Dia menjawab, “Kalau kurir aja di hukum mati apalagi bandarnya akan di hukum mati, tapi kalau bandar di hukum mati maka belum tentu kurirnya di hukum mati.”

Saat ditanya, untuk kasus narkoba dengan jumlah lebih dari 100kg yang saat ini sedang dipersidangkan, apakah mungkin mendapatkan hukuman yang sama.

“Jika terbukti maka hukuman itu mungkin yang di dapat,” jawabnya.

Namun Ainir menghimbau agar tidak terlalu cepat menyimpulkan hanya dengan melihat barang bukti. “Kita harus liat fakta persidangan, jangan hanya liat jumlahnya, karena tidak menutup kemungkinan adanya penjebakan,” pungkasnya.

Reporter: Eky

Check Also

10 Rumah Gang Buaya Karet Tengsin Tanah Abang Terbakar

Jakarta, sketsindonews – Musim panas disertai komdisi angin kembali menjadi rawan kebakaran ditengah pandemi. Baru …

Watch Dragon ball super