Home / Berita / Nasional / Indahnya Kebhinekaan di Indonesia

Indahnya Kebhinekaan di Indonesia

Opini, sketsindonews – Semerbak aroma khas kopi tubruk Jogja yang kental plus sepiring singkong goreng hangat menemani penulis pagi ini menyusun prolog penelitian Disertasi ditengah cerahnya mentari dan desiran sepoi udara Jakarta bulan desember. Semua unsurnya seakan berlomba berkolaborasi serasa harmoni kedamaian sudah terasa hadir kembali menyatu di bumi persada Indonesia. Semoga ini pertanda kejayaan bangsa sudah di depan mata.

Sejenak kenangan pahit cerita “dongeng” tentang kompetisi Pemilu dimasa lalu sudah mulai samar dan semoga segera terkikis tuntas.

Yang tidak banyak diketahui orang awam, ternyata cerita hangat dari penduduk bangsa negeri-negeri seberang tentang citra bangsa kita terbukti sangat membanggakan dan mengharukan. Rakyat yang bhineka Suku, Agama, Budaya, Bahasa, Ras dan Warna kulitnya ini ternyata dinilai lebih bersaudara dibandingkan bangsa yang masih sibuk bertikai walaupun terdiri dari satu entitas saja.

Lalu buat apa kita harus atau mau repot merespon melayani perbedaan pemahaman ide sekelompok orang yang memang dalam negara demokratis diperbolehkan berbeda. Apalagi hanya dalam penafsiran ?. Yang penting tidak keluar dari mainframe Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka tunggal ika.

Fakta realitas membuktikan bahwa pemerintah dan rakyat Indonesia telah berhasil lulus uji dari persoalan primordialisme sempit yang berulangkali menerpa persada ini.

Negara yang besar seperti Indonesia pasti pada awal pembentukannya telah menyadari realitas keberagaman nya dan sejarah mencatat bukti keberhasilan bangsa ini melewati ujian-ujian integrasi nasional yang besar.

Karena itu, seyogyanya tidak perlu mempergunjingkan dan memperluas wacana perbedaan tafsir pemikiran yang bersinggungan dengan esensi persatuan persaudaraan sesama anak bangsa negeri.

Suka atau tidak, semua kita yang beridentitas WNI adalah saudari dan saudara yang berada dalam satu perahu NKRI yang sedang menuju cita-cita besarnya.

Mustahilkah harapan terwujudnya persaudaraan semua anak bangsa dari unsur entitas apapun bersama pemerintah memulihkan keadaan, mengatasi akibat-akibat dahsyat pandemi covid yang masih kita hadapi bersama hingga saat ini ?.

Apakah lebih bermanfaat hanya sibuk menggali perbedaan yang memang akan selalu ada selama kita manusia masih didunia fana ini, daripada berlomba-lomba berbuat kebajikan membantu pemerintah mengatasinya ?.

Semoga tidak ada yang masih gagal faham.
Salam damai untuk Indonesia.

Penulis: Esra Kriahanta Sembiring

Check Also

Mahasiswa Keio University Jepang Antusias Simak Kuliah Umum Dubes Heri Dan Belajar Tari Ondel-Ondel Serta Tari Piring

Jepang, sketsindonews – Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri …

Watch Dragon ball super