Ki Dalang Benyek Ngamen di Luar Negeri Dengan Format Wayang Kulit Hip – Hop

oleh
oleh
banner 970x250

Yogyakarta, sketsindonews – Yogyakarta yang terkenal sebagai Kota Karawitan juga menjadi produk dalang muda kreatif. Salah satunya dalang muda Ki Dalang Benyek Catur Kuntjoro. Profesi dalang yang di gelutinya merupakan turunan dari keluarga dalang, termasuk kakaknya yang juga mendalang bernama Ki Seno Nugroho.

“Aliran kami memang beda tapi sama dalam jiwa seni mendalang, ini hanya tata cara dalam penyampaian profesi bagi pemirsa wayang kulit modern dan tradisional yang di kemas,” jelas Benyek saat ditemui di kediamannya, minggu (09/10).

banner 300x600

Baca: Dalang Benyek: Wayang Hip Hop Solusi Pewayangan Jogjakarta

Ki Dalang Benyek mengakui, dirinya telah ada pengakuan internasional terkait cara mendalangnya yang membawa aliran hip hop cara. “yah itu ngamen di luar negeri seperti Singapore, Malayasia dan Negara ASEAN,” dia memeparkan tempat yang sudah di kunjunginya.

Warga negara Asing di sana, menurutnya sangat responsif bahkan apresiasi terhadap tampilan seni dalang konteporer, namun ditambahkannya ternyata pemerintah Indonesia tidak peka terhadap seni wayang dan Karawitan di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.