Menhub Pertahankan Taksi, Angkot Dan Ojeg

Jakarta, sketsindonews – Di tengah teknologi dalam dunia transportasi yang berkembang pesat, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi masih mempertahankan keberadaaan transportasi konvensional seperti taksi, angkot dan ojeg.

Baca juga: Sekarang Naik Angkot Ke Transjakarta “Gratis

“Yang namanya online itu suatu keniscayaan. IT (Information Technology/Teknologi Informasi) itu suatu kemajuan yang selayaknya kita ikut. Tapi temen-temen kita seperti taksi, angkot dan ojeg jangan sampai hilang. Kalau memungkinkan mereka bergabung dalam suatu komunitas,” jelasnya, di Jakarta, Selasa (4/4).

Baca juga: Ruang Yang Sama Bagi Transportasi Online Dan Konvensional

Dia berharap kolaborasi angkutan online tidak hanya dilakukan dengan angkutan (taksi) konvensional, melainkan juga dapat dilakukan bersama angkot.

“Bagaimana angkutan online bisa kolaborasi dengan angkot, apakah kasih CSR, sehingga angkot ber-AC. Jadi mereka terlihat seperti satu bagian dan angkot memiliki level of service (level pelayanan) yang lebih baik,” jelasnya

Selain itu, ia juga menjelaskan angkutan seperti ojeg yang sulit diatur secara langsung karena tidak ada dalam Undang-Undang. Padahal ojeg sudah menjadi fasilitas yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Kita sedang mencarikan bagaimana yang terbaik. Apakah kita memberikan wewenang kepada Pemda atau kita yang mengatur. Kita akan mencari suatu formulasi untuk angkutan roda dua ini, kemudian formulasi itu akan kita bagikan kepada daerah,” jelasnya.

Lebih lanjut Budi menyatakan akan membuat suatu panduan bagi Pemda untuk mengatur angkutan roda dua, agar tidak menimbulkan konflik horisontal.

“Kita akan membuat suatu panduan bagi Pemda untuk mengatur. Sambil kita dapat suatu landasan hukum yang jelas. Roda dua ini benar-benar kompleks karena sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Kita bisa pesen martabak dari situ, mereka untung, kita untung, kalau tiba-tiba hilang rasanya berdosa. Oleh karenanya, kita bukan ragu dalam menerapkan aturan, tapi kita berhati-hati,” tutupnya. (Eky)