Home / Profile / SMP Angkasa Lanud Adisutjipto: Tes IQ Untuk mengetahui Minat dan Bakat Siswa.

SMP Angkasa Lanud Adisutjipto: Tes IQ Untuk mengetahui Minat dan Bakat Siswa.

Yogyakarta, sketsindonews – Sebanyak 349 siswa dari kelas 7, 8, dan 9 SMP Angkasa Lanud Adisutjipto mengikuti tes IQ, selasa, 11 Oktober s/d kamis, 13 Oktober 2016), bertempat di SMP Angkasa Lanud Adisutjipto.

Kepala sekolah SMP Angkasa Lanud Adisutjipto Mayor Pnb. Dariyanto menyampaikan bahwa Kegiatan tersebut diselenggarakan atas kerja sama pihak sekolah dan TNI AU serta pihak swasta yang ahli dalam bidangnya.

Lebih lanjut Mayor Pnb Dariyanto menambahkan, bahwa setiap individu memiliki tingkat IQ yang berbeda. Ada pandangan yang menekankan pada bawaan (pandangan kualitatif) dan ada juga yang menekankan pada proses belajar (pandangan kuantitatif).

“Sehingga faktor bawaan dan faktor lingkungan sangatlah berpengaruh terhadap tingkah laku serta kematangan berfikir seseorang,” jelasnya.

Menurutnya selain IQ seseorang harus juga memiliki EQ (Emotional qutiont) atau kecerdasan Emosional. “Serta dibutuhkan juga SQ (Spiritual Quotiont) atau kecerdasan spiritual,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Haryati SP,d selaku Guru Bimbingan Konseling SMP Angkasa Adisutjipto, menambahkan bahwa tujuan tes IQ adalah untuk mengetahui minat dan bakat siswa sebagai acuan dalam pemetaan kejenjang selanjutnya, serta untuk mengetahui penyebab siswa yg IQ-nya tinggi namun prestasi akademiknya kurang bagus.

Kegiatan tersebut mendapat antusiasme dari seluruh siswa. Selanjutnya hasil tes tersebut akan ditindaklanjuti dengan feedback oleh Guru BK ibu Wazimah Mpd, Ibu Sri Haryati Spd, dan bapak Melky Spd, agar referensi para guru untuk mengajar tepat sasaran sesuai dengan kemampuan siswa. (Kumara)

Check Also

Jelang Tuntutan Korban Minta Terdakwa Ijazah Palsu ‘Ditahan’

Jakarta, sketsindonews – Memasuki babak akhir kasus ijazah palsu di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN …

Watch Dragon ball super