Home / Profile / Komunitas / Pertuni dan Yayasan Damandiri Lakukan Operasi Mata Katarak di RS.Eye Centre Kedoya

Pertuni dan Yayasan Damandiri Lakukan Operasi Mata Katarak di RS.Eye Centre Kedoya

Jakarta, sketsindonews – Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) lakukan Bakti Sosial bagi pasien katarak masyarakat marginal (kurang mampu) yang bekerja sama dengan Yayasan Damandiri.

Kordinator Panitia, Hadianti Ramadhani kepada sketsindonews.com menyatakan, kali ini operasi para pasien mata katarak baik pemeriksaan dan operasi di tempatkan di RS.Jakarta Eye Centre (JEC) Kedoya, Jalan Arjuna Terusan Jakarta Barat.

“Model perekrutan peserta operasi mata (pasien katarak) publik bisa melihat website Pertuni, kami juga lakukan metode survey langsung kondisi sosial yang akan kami ikut sertakan dalam warga kurang mampu untuk ikut program operasi penyandang mata katarak,” jelasnya.

Hadianti atau Dani kerap disapa menambahkan, sebanyak 82 pasien yang mendaftar (terecord) dalam data partisipasi pasien pemeriksaan pertama hari ini. “Hasil itu nanti di screening dulu,” papar Dani.

Pihak medis RS JEC mempunyai rekam medis dalam menentukan memenuhi syarat atau tidak dalam tindakan pasien yang nantinya di operasi.

Untuk di ketahui, Pertuni juga melakukan giat sosial yang sama di daerah tebet dengan berhasil mengoperasi mata sebanyak 43 orang di Klinik Mata Matanya.

Pertuni bersama Yayasan Damandiri sudah kerap kali melakukan kerja sama (kemitraan) bukan hanya pada operasi mata (katarak), pelatihan computer Tuna Netra di Nusa Tenggara Barat (NTB), OJK (Otoritas Jasa Keuangan) bersama pihak Bank Nasional dan Swasta, kami lebih menekankan pada advokasi pada pada ramah tuna netra.

Dimana pihak Bank selama ini masih diskriminatif terhadap disabilitas (tuna netra), ini masih terus kami diskusikan dalam FGD Pertuni. Artinya, sosialisasi kepersertaan pada bank bagi penyandang disabilitas juga dapat setara seperti pada umumnya masyarakat, tutur Dani. (Nr)

Check Also

Film Lima Perlu di Tonton, Mengupas Nilai Pancasila Sesungguhnya

Jakarta,  sketsindonews – Sepertinya Perfilman Indonesia belakangan sedang bergairah dengan film-film yang berkualitas. Salah satu …

Watch Dragon ball super