Tri Matra Kemendes PDTT Untuk Kembangkan Desa

oleh
oleh
banner 970x250

“Kedua, Lumbung Ekonomi Desa (Bumi Desa) bertujuan mendorong pertumbuhan ekonomi secara kolektif berbasis potensi lokal,” ungkap Erani.

Matra terakhir, Lingkar Budaya Desa (Karya Desa) memastikan seluruh gerak pembangunan selaras dengan budaya lokal sehingga mampu menjaga keberlanjutan pembangunan.

banner 300x600

Senada dengan Erani, Menurut Direktur PSD Hanibal, dalam rangka membangun desa, fokus pembangunan alih-alih dilakukan secara parsial alias sepotong-potong melainkan secara paripurna. Aspek yang perlu mendapat sentuhan diantaranya aspek dimensi sosial, ekonomi, dan ekologi.

“Berlandaskan hal tersebut, desa diharapkan memiliki ketahanan yang paripurna sebagai desa mandiri dan berkelanjutan,” ungkap Hanibal.

Hal tersebut bisa diraih dengan menempatkan tujuan pembangunan desa pada masyarakat desa yang bermartabat dan sejahtera.
Selain dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, dalam hajatan diskusi tersebut turut pula hadir perwakilan dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK RI), Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, MCA-Indonesia, serta Bank Dunia. Organisasi profesi serta praktisi ahli pun turut pula diundang untuk memberi masukan agar program generasi semakin baik di masa mendatang. (Eky)

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.